Nasib Janin Jika Ibu Hamil Didiagnosis Terinfeksi Virus Korona

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Wabah virus Korona bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Bagaimana jika ibu hamil didiagnosa atau terinfeksi terkena virus Korona?

Dokter Spesialis Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Fera Ibrahim, SpMK(K), MSc, PhD menilai, tentu harus ada perlakuan yang lebih khusus pada ibu hamil yang terdiagnosis virus Korona. Begitu pula jika masih suspect atau dalam pemantauan dan perawatan di rumah sakit.

“Ibu hamil akan lebih kuat jika terjangkit virus Korana pada akhir trimester 3 kehamilan. Diprediksi bayinya tetap akan lahir sehat (tidak tertular). Apakah serta merta virus langsung menular ke janin? Tak juga. Mestinya sih aman-aman saja,” kata Fera.

Yang dikhawatirkan adalah jika ibu hamil terjangkit virus saat trimester 1 kehamilan. Karena, kondisi janij saat trimester awal masih rentan.

“Jika terjadi saat trimester 1 terserang virus, sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), para dokter harus duduk bersama. Dokter harus lakukan optimal pemeriksaannya,” ungkapnya.

Berbeda lagi penanganan jika ibu melahirkan dan terserang virus Korona. Cara mengatasinya hanya dengan memisahkan ibu dan bayinya untuk sementara selama ibunya masih dalam tahap perawatan.

“Kalau bayinya sudah lahir, ibunya masih terjangkit ya harus dipisahkan sementara. Berbeda dengan kaidah ibu dan bayi disatukan. Mengingat ibunya terinfeksi, harus dijauhkan. Karena sistem imun bayi masih rendah,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Dokter Spesialis Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Erlina Burhan, SpP(K), MSc, PhD. Menurutnya tak semua virus bisa ditularkan ke janin.

“Ada virus-virus tertentu yang menularkan ke janin. Influenza sangat jarang,” jelasnya.

Tapi jika memang bayinya sudah lahir dan sang ibu terinfeksi virus Korona, tentu bisa berisiko bayi akan tertular. “Kalau dalam kehamilan intra-uterus, tidak ya,” jelas Erlina. (jp)

  • Dipublish : 31 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami