Nelayan Majene Temukan Muntahan Ikan Paus, Konon Harganya Mahal

Sejumlah warga menyaksikan muntahan ikan paus yang ditemukan nelayan Cilallang, Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae, Majene.
(Foto: Muh Mabrur/Radar Sulbar)
Sejumlah warga menyaksikan muntahan ikan paus yang ditemukan nelayan Cilallang, Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae, Majene. (Foto: Muh Mabrur/Radar Sulbar)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAJENE – Seorang nelayan asal kampung Cilallang Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae, Majene, Accu, membuat geger. Pasalnya, ia menemukan muntahan ikan paus.

Kabar adanya penemuan muntahan ikan paus, sontak gegerkan kampung. Dalam waktu singkat tempat itu mendadak ramai. Sejumlah warga berlomba-lomba menyaksikan langsung wujud muntahan ikan paus.

Accu menjelaskan, saat berada ditengah laut tiba-tiba melihat benda mirip batu sedang mengapung. Karena penasaran Ia mendekatinya dan ternyata muntahan ikan paus. “Saya temukan sekitar jam dua siang (Pukul 14.00 WITA,red),” jelasnya, Sabtu 13 Juni.

Kata dia, muntahan ikan paus merupakan benda berharga yang sangat sulit ditemukan. Olehnya penemuan tersebut dianggap sangat luar biasa. “Saya sudah lama jadi pelaut baru kali ini menemukannya,” ujar Accu.

Ia berharap temuannya itu bisa terjual dengan harga mahal, agar bisa membahagiakan keluarga. “Semoga ada yang membeli dengan harga yang tinggi,” harapnya.

Harganya Bisa Miliaran

Seperti dilansir Mirror.co.uk pada Agustus 2016, pasangan dari Lancashire, Inggris, Gary dan Angela pernah menemukan muntahan ikan paus.

Mereka menemukan muntahan paus di pinggiran Pantai Middleton tak jauh dari tempat tinggal mereka sekitar April.
Awalnya Gary-Angela jijik melihat benda lembek dengan bau tak sedap.

“Seperti bau kotoran manusia bercampur dengan muntahan,” ujarnya.

Tapi ia menyadari benda itu bukan sekadar kotoran. Ia kemudian membawanya pulang.

Benda itu rupanya Ambergris seharga 930 pound sterling atau setara hampir Rp 1 miliar rupiah.

Kenapa Ambergris dibanderol dengan harga yang mahal?

Ambergris yang terbuat dari muntahan ikan paus dijual seharga Rp200 juta/Kg. Mahalnya harga parfum dari muntahan ikan paus ini karena jadi favorit kalangan selebritis dunia. Karena wangi Ambergris bertahan lama sehingga harganya pun sangat tinggi.

Muntahan paus banyak dicari oleh produsen parfum ternama lantaran ambergris mampu menghasilkan wewangian yang dapat bertahan hingga sangat lama.

Untuk memastikan batu lembek dengan bau tak sedap itu adalah muntahan paus, Anda harus mengujinya apakah mudah terbakar atau tidak.

Jika mudah terbakar, kemungkinan itu adalah muntahan paus yang terdampar di pantai.

Setiap paus memiliki ambergris yang berfungsi melindunginya dari memakan-makanan yang tak semestinya dimakan.

Jadi, cobalah kenali ambergris. Karena jika beruntung menemukan muntahan paus, Anda akan menjadi miliarder dadakan.(radarsulbar.co.id)

 

  • Dipublish : 16 Juni 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami