Nilai Tukar Petani Meningkat, Wamentan: Semoga Mereka Sejahtera

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – Nilai Tukar Petani (NTP) Nasional pada Juni 2021 dilaporkan tumbuh 0,19 persen atau sebesar 103,59 persen dibanding bulan sebelumnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kenaikan NTP ini dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 0,01 persen, sedangkan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,18 persen.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pertumbuhan NTP bisa membuat para petani lebih mantap lagi dalam bertani. Menurutnya, kenaikan tersebut menunjukkan bahwa harga-harga produk pertanian dapat menjamin kesejahteraan mereka.

BACA JUGA: Kementan: Budi Daya Jamur Bisnis yang Menjanjikan

“Kenaikan NTP ini memang diharapkan [bisa] membuat petani lebih yakin lagi, lebih mantap dalam bertani. Artinya bahwa harga-harga ini dapat menjamin kesejahteraan mereka,” kata Harvick di Jakarta, Senin (5/7).

Selain itu, Harvick juga menilai bahwa pertumbuhan NTP ini merupakan keseimbangan antara daya beli masyarakat dengan petani sebagai penjual. Meski demikian, ia berharap keseimbangan daya beli tersebut bisa dijaga agar kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi.

BACA JUGA: Sangat Menjanjikan, Porang dan Sarang Walet Komoditas Super Prioritas Kementan

Harvick juga berharap agar masyarakat tidak lagi khawatir terjadi kelangkaan pangan, terutama kelangkaan Bahan Pokok Penting (Bapokting). Ia menjamin, ketersediaan Bapokting aman di tingkat nasional.

“Harapan kita ke masyarakat, masyarakat tidak perlu ragu lagi, tak perlu khawatir kelangkaan pangan, utamanya Bapokting, ini tersedia di masyarakat,” pungkasnya. (fin/jm)

  • Dipublish : 6 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami