Ombak Normal, Pelabuhan Bajoe Kembali Dibuka

Foto Dok. Radar Bone
Foto Dok. Radar Bone
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

WATAMPONE – Pelabuhan Bajoe kembali dibuka. Penundaan pasca kapal tenggelam di Teluk Bone, sudah diatasi.

“Sekarang ketinggian ombak normal. 0,54 sampai 1,5 meter. Dan kapal sudah bisa berlayar kembali,” kata Kepala Syahbandar Bone, Muhammad Asgar, kemarin.

Penundaan terhadap sejumlah kapal yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bajoe, kembali dibuka untuk pelayaran setelah keluar prediksi dari BMKG bahwa ketinggian ombak sudah normal kembali.

Kata dia, terkait Kapal Motor (KM) Mega Jaya yang tenggelam dalam perjalanan menuju kota Bau-bau, akhir pekan lalu, disebabkan faktor alam dan papan yang terbongkar.

“Cuaca kemarin cukup buruk. Dan kemarin sudah dipending untuk tidak berangkat selama tiga hari,” tuturnya. Ketinggian ombak waktu kapal itu tenggelam kira-kira 1,5 sampai 2,7 meter. Sementara kemarin sudah redah. “Ketinggian kemarin 0,54 meter,” sebutnya.

Kapal tenggelam diketahui milik pengusaha ekspedisi, Asis yang dinakhodai Mahmud. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Bajoe tujuan Bau-bau, pukul 01.30 Wita. Kapal tenggelam setelah berlayar 17 mil.

Kapal pengangkut barang campuran itu membawa tujuh anak buah kapal (ABK). Beruntung, nakhoda dan ABK berhasil diselamatkan dan dibawa kembali ke pelabuhan menggunakan Kapal KM Mega Surya.

“Dua kapal kayu ini (KM Mega Jaya dan KM Mega Surya) beriringan dari Pelabuhan Bajoe menuju Kota Bau-bau dengan muatan barang Campuran,” kata Kasat Polair, AKP Andi Syukri Sulaiman.

Kata dia, kedua kapal ini dihantam ombak. Namun, lambung KM Mega Jaya bocor. Ketujuh ABK setelah melihat kapal hendak tenggelam langsung melompat dan berenang ke KM Surya Mega menggunakan gabus.

Akibat dari insiden ini kerugian ditaksir miliaran rupiah. “Semua barang yang dimuat tidak ada yang bisa diselamatkan. Kerugian keseluruhan bersama kapal ditaksir Rp3,5 miliar,” jelas adik Menteri Pertanian ini.(fin)

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 16 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami