Pagar Sirkuit Mandalika Dibobol Warga Jelang WSBK 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id, LOMBOK TENGAH – Belum juga dipakai untuk event World Superbike Championship (WSBK) 2021, fasilitas pagar pembatas Sirkuit Mandalika dirusak warga. Sejumlah warga Dusun Embunut, Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) membobol pagar pembatas akses jalan akses keluar masuk ke permukiman mereka.

Aksi perusakan itu bahkan mendapat atensi langsung Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah. “Saya penasaran ingin melihat secara langsung keadaan masyarakat yang viral dan jadi berita nasional karena terjebak di tengah Sirkuit Mandalika,” kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Berdasar hasil konfirmasi langsung ke warga, masyarakat yang berada di tengah sirkuit, setelah aspal sirkuit rampung 100 persen, kesulitan dan terbatas untuk akses jalan. Baik akses keluar maupun masuk ke permukiman mereka yang berada di areal sirkuit terbaik yang dimiliki Indonesia ini.

Persoalan lain yang ditemukan, terowongan untuk akses keluar masuk warga dipenuhi air akibat rembesan. Kondisi ini menyulitkan warga untuk beraktivitas. Menurut Bang Zul – sapaan akrabnya, terabaikannya akses jalan yang memicu aksi vandalisme lantaran pekerja proyek fokus menyelesaikan deadline.

Karena itu, gubernur meminta ITDC sebagai pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika dan sirkuit, memperbaiki pola komunikasi dengan kontraktor di lapangan.

Sebenarnya ada dua akses jalan keluar masuk untuk warga yang berada di tengah sirkuit. Yaitu tunnel atau terowongan 1 dan tunnel 2. Sayang tergenang air beberapa hari lalu. Khusus untuk terowongan, gubernur meminta ITDC dan kontraktor yang bertanggung jawab segera mengatasi masalah terowongan yang dipenuhi air.

Terkait permintaan tersebut, sudah ada upaya untuk memasang pompa di bagian utara dan selatan untuk mengeringkan terowongan yang dipenuhi air. Tetapi, apabila terowongan tidak bisa dikeringkan maka harus dibuat akses jalan yang lain.

“Alhamdulillah kalau pompa ini dipasang dan berfungsi dengan normal, insya Allah akses keluar masuk warga setempat tidak lagi jadi masalah,” pungkasnya. (lombokpost/r1/JPNN)

  • Dipublish : 23 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami