PAN Ikuti Nasihat Amien Rais, Tetap Komit jadi Oposisi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan akan tetap berada di luar pemerintahan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mengakomodir partai Gerindra untuk masuk dalam formasi Kabinet Indonesia Maju.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan, sejak awal partainya memang sudah berada di luar pemerintahan. Tidak ada niat atau upaya untuk masuk ke jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kader PAN ikut nasihat pak Amien Rais. Justru saya heran kenapa sebelum ini ada beberapa pihak yang menimbang-meninmbang PAN masuk kabinet,” ujar Drajad di kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (24/10).

Drajad yang merupakan mantan legislator itu menuturkan, susunan menteri merupakan hak prerogatif presiden. Partai tidak bisa mengintervensi figur mana saja yang harus dan tidak dimasukan.

Oleh karena itu, lanjut alumi IPB itu, PAN akan tetap berkomitmen mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Tetap berpijak pada penilaian objektif akan diberikan. PAN tidak segan mengapresiasi kinerja bagus dari pemerintah, namun apabila ada yang kurang, ya pasti akan langsung dikritik.

“Kalau dia menjual kekayaan negara, korupsi atau hal lain yang merugikan negara, ya kita bertindak tegas untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, termasuk melalui jalur hukum,” tegas Dradjad.

Ekonom INDEF itu menilai dalam sebuah pemerintahan harus ada keseimbangan. Maka tidak boleh semua partai masuk dalam pemerintahan. Apabila hal itu terjadi, maka akan terjadi kekuasaan yang berlebihan.

“PAN mengambil peran itu (oposisi) demi demokrasi yang sehat, agar akuntabilitas pemerintahan terjaga dengan bagus, dan rakyat mendapat alternatif kebijakan yang lebih baik,” pungkas Dradjad. (jp)

  • Dipublish : 24 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami