Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Tidak Berdampak ke Ekonomi RI

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi 2019.
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi 2019.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Insiden bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, pada Kamis (13/11), mendapat sorotan dunia, termasuk para investor asing. Lantas seberapa besar dampak bagi perekonomian nasional?

Direktur Riset Center of Reforms on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah memperkirakan peristiwa tersebut tidak berpengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Saya perkirakan bom bunuh diri dampakya minimal terhadap perekonomian,” ujar Piter kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (13/11).

Kejadian bom ini masih diselidki pihak kepolisian. Piter menduga kejadian itu bukan dilatarbelakangi oleh jaringan teroris besar, namun hanya pemain tunggal. Artinya tidak tidak akan berlajut.

Dengan demikian, menurut Piter, perekonomian Indonesia akan tetap berjalan normal seperti biasa. Termasuk, tidak akan berpengaruh terhadap investasi.

“Larena kejadian ini tunggal dan pelakunya diduga menjadi korban. kejadian ini diperkirakan tidak berlanjut. Efeknya terhadap kegiatan ekonomi khususnya investasi sangat kecil,” kata Piter.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan menyampaikan tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap peristiwa bom bunuh diri di Medan. Menurut dia, kendala-kendala yang dihadapi bukan hanya Indonesia saja, melainkan semua negara.

Oleh karenanya, tidak ada negara manapun yang tahan terhadap peristiwa-peristiwa yang teradi di sebuah negara. Kendati demikian, Luhut meminta para investor asing untuk tidak takut menamkan investasinya di Indonesia. “Enggak perlu (merasa takut),” kata Luhut d Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Luhut meyakini, dalam periode selama lima tahun di Kabinet Indonesia Maju investasi di Indoensia akan menggeliat. Apalagi Indonesia tengah mengembangkan B40 sehingga berpotensi besar pada neraca perdagangan di dunia internasional.

Sebelumnya terjadi ledakan bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan, Sumatera Utara. Akibatnya, pelaku bom bunuh diri tewas di lokasi dan 6 orang lainnya mengali luka-luka.

Peristiwa tersebut terjadi di Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Rabu (13/11), sekitar pukul 08.45 WIB. Saat itu, polisi baru saja selesai apel dan banyak warga yang hendak mengurus SKCK.

(fin)

  • Dipublish : 14 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami