Pasca Perawatan, Aqila dan Azila Bayi Kembar Siam Asal Kendari Siap Pulang

SUDAH STABIL: Bayi kembar siang asal Kendari Aqila-Azila didampingi kedua orang tua dan dr Agus Harianto usai pemeriksaan kondisi menjelang pulang ke rumahnya, Kamis (14/11). (ISMAUL CHOIRIYAH/RADAR SURABAYA)
SUDAH STABIL: Bayi kembar siang asal Kendari Aqila-Azila didampingi kedua orang tua dan dr Agus Harianto usai pemeriksaan kondisi menjelang pulang ke rumahnya, Kamis (14/11). (ISMAUL CHOIRIYAH/RADAR SURABAYA)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

SURABAYA – Bayi kembar siam dempet perut asal Kendari, Aqila dan Azila sudah siap pulang hari ini, Jumat (15/11), setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Dr. Soetomo selama tiga bulan setengah. Sehari sebelum keberangkataN, terlihat barang-barang di ruang Bobo 1 IRNA Anak RSUD Dr Soetomo sudah banyak yang dikemasi oleh orang tua.

Ungkapan kebahagiaan tak henti-hentinya disampaikan oleh orang tua bayi kembar siam, Jasirin dan istrinya. Jasirin mengaku sudah siap seratus persen untuk membawa kedua anaknya pulang. “Ini seperti mimpi jadi kenyataan. Kami sebagai orang tua sudah lama memimpikan anak saya tumbuh seperti layaknya anak normal. Dan sekarang terwujud, terima kasih banyak kepada tim dokter,” ujarnya saat ditemui, Kamis (14/11).

Jasirin mengaku tidak menyangka pemulihan sang anak bisa begitu cepat. Sebelum berangkat ke sini, ia sudah menyediakan baju yang cukup banyak. Karena berpikir bahwa anaknya akan dirawat selama enam bulan lebih.

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto menyampaikan, kepulangan Aqila-Azila ditentukan karena beberapa pertimbangan. Pertama adalah kondisi kedua bayi sudah baik. Aqila dalam keadaan stabil dan sangat aktif. Sementara bayi Azila yang dipasang plat dalam perutnya belum cukup dikatakan stabil karena memiliki masalah pencernaan, di mana mengalami kesulitan buang air besar secara spontan. “Karena Azila tidak memiliki otot perut, sehingga kesulitan untuk mengejan. Jadi untuk BAB, Azila harus dibantu dengan alat, namun untuk ini, orang tua Azila sudah mahir melakukan, nantinya akan dilakukan satu bulan dua bulan, nanti akan disimulasi BAB dengan jongkok,” paparnya.

Agus menyampaikan, sebelum Aqila dan Azila kembali, Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo telah memastikan perawatan lanjutan selama di Kendari dapat diteruskan. Misalnya saja fisioterapi untuk melatih bayi kembar siam ini berjalan dan berbicara. Ini juga menjadi pertimbangan kedua mengapa bayi kembar siam ini siap dipulangkan.

Untuk memastikan kondisi Aqila dan Azila dalam keadaan baik, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahmaningrum datang terlebih dahulu menengok. Ia menyatakan bahwa Aqila dan Azila sudah lebih dari sehat untuk dibawa pulang.

Ia menyampaikan, sesampainya di Kota Kendari, Aqila dan Azila akan dirawat intensif selama beberapa hari di RSU Kota Kendari hingga kondisinya stabil dan bisa dibawa pulang. (jp)

Sumber: jawapos.com

  • Dipublish : 15 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami