PBB Tetapkan Empat Anggota Baru DK

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Majelis Umum PBB pada Rabu (17/6/202) waktu AS telah memilih empat anggota baru Dewan Keamanan (DK) untuk periode 2021 dan 2022. Keempat anggota baru itu adalah India, Meksiko, Norwegia, dan Irlandia yang terpilih sebagai anggota tidak tetap.

AFP melansir, Djibouti dan Kenya gagal meraih suara dua pertiga suara mayoritas yang diperlukan untuk meraih kursi di DK PBB. Kedua negara Afrika itu akan mengikuti pemungutan suara putaran kedua pada Kamis (18/6/2020).

Sementara, Kanada juga gagal meraih salah satu kursi untuk perwakilan Barat, setelah dikalahkan Irlandia dan Norwegia. Meski selama ini kampanye Kanada terkait keamanan global terbilang panjang dan memukau, hasil pemilihan anggota Dewan Keamanan PBB kali ini mungkin menjadi pukulan bagi Perdana Menteri Justin Trudeau.

Di wilayah Asia-Pasifik, India melaju dengan mulus dengan meraup 184 suara dari 192 negara yang berpartisipasi dalam pemilihan kemarin.

Dengan hasil tersebut, ini berarti India bakal memiliki kursi di meja yang sama dengan China—hanya beberapa hari setelah tentara kedua negara terlibat konflik berdarah di wilayah perbatasan Himalaya.

Selanjutnya, Meksiko berhasil memperoleh 187 suara. Adapun negara-negara Afrika tidak dapat mengajukan satu negara pun saat ini, lantaran tak ada dari mereka yang berhasil meraih dua per tiga suara forum. Kenya meraih 113 suara saat melawan Djibouti yang hanya mendapat 78 suara.

Sementara Indonesia, akan mengakhiri masa keanggotaaan tidak tetapnya di DK PBB pada tahun ini. (der/afp/fin)

  • Dipublish : 18 Juni 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami