Pelanggar Jalur Sepeda Bisa Ditilang Menggunakan sistem ETLE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus dalam upaya memberikan rasa nyaman dan aman terhadap para pengguna sepeda. Setelah meluncurkan 3 fase jalur sepeda, Pemprov dibantu oleh Polda Metro Jaya sudah mulai melakukan penegakkan hukum terhadap pengguna kendaraan bermotor yang melanggar jalur sepeda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pelanggar jalur sepeda bisa ditilang menggunakan sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Bagi pengemudi kendaraan bermotor yang tertangkap ETLE menyerobot masuk jalur sepeda, maka akan dikirimi surat tilang ke alamat yang tertera di surat-surat kendaraan.

“Ketika bicara tentang pelanggaran maka semua jenis pelanggaran. Jadi di lokasi di situ ada kamera ETLE-nya, maka pelanggarannya otomatis temasuk ketika ada jalur sepeda di situ,” ucap Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12).

Dengan bantuan ETLE ini diharapkan jalur sepeda bisa lebih steril dari kendaraan bermotor. Terlebih jalur sepeda tidak dijaga oleh petugas setiap saat, dikarenakan rutenya yang panjang.

“Kita mendorong lebih banyak lagi jalur sepeda, dan pasti ada irisan-irisan dan di irisan itu bisa ditegakkan aturan untuk jalur sepeda,” tambah Anies.

Seperti diketahui, ada 3 fase jalur sepeda yang dibangun oleh Pemprov DKI. Fase pertama yakni meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Untuk fase dua dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Sedangkan Fase tiga dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Anies sendiri mencanangkan akan terus menambah jalur sepeda di sejumlah ruas jalan ibu kota. Target akhirnya jalur sepeda sepanjang 500 kilometer. Dengan begitu, diharapkan pengendara sepeda bisa lebih mendapat kenyamanan saat bepergian.

“Jalur sepeda sudah dibangun saat ini 63 kilometer, targetnya nanti 500 kilometer menggunakan jalur sepeda. Ini perlu sosialisasi,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/11).

Anies menambahkan bahwa proses pembangunan jalur sepeda ini tengah berjalan. Dan akan diselesaikan secara bertahap guna melengkapi 3 fase jalur sepeda yang sudah dioperasikan. (jp)

  • Dipublish : 5 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami