Pemangkasan Eselon Dimulai dari KemenPAN-RB

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Penyederhanaan pejabat administrator dan pengawas atau eselon III dan IV, akan segera dihapus oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Ini adalah keinginan Presiden Joko Widodo untuk membangun birokrasi yang profesional dan dinamis. Proses penyederhanaan ini pertama kali akan dilakukan di lingkungan Kementerian PAN-RB.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyatakan, dialihkannya jabatan struktural ke fungsional akan menjadikan organisasi lebih fleksibel. “Perintah presiden adalah membangun sistem birokrasi yang dinamis. Bukan birokrasi yang hirarkis,” tegas Tjahjo, di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Kamis (31/10).

Menurutnya, sistem pemerintahan yang hirarkis bisa menimbulkan penundaan pengambilan keputusan. Hal itulah yang hendak dipangkas. Tjahjo menyebut, birokrasi yang dinamis harus memiliki kemampuan berpikir ke depan serta menciptakan beragam inovasi. “Targetnya, eselonisasi paling lama satu tahun. Saya mulai dari Kementerian PAN-RB yang memangkas eselon III dan IV bulan ini,” paparnya.

Sementara itu, Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB, Rini Widyantini menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan langkah untuk pengalihan jabatan struktural ke fungsional. Saat ini, sedang dilakukan pemetaan fungsi unit organisasi atau fungsi mana saja yang relevan dengan jabatan fungsional. “Setelah dilakukan pemetaan dan kajian, barulah menentukan jabatan eselon III dan IV mana saja yang bisa dialihkan menjadi fungsional,” kata Rini.

Untuk saat ini, PAN-RB terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya. Rini menjelaskan, ada beberapa kriteria umum yang nantinya bisa menjadi landasan suatu jabatan struktural tidak bisa dialihkan menjadi fungsional. “Ini masih perlu waktu untuk membahas dengan stakeholder,” terangnya.

(lan/fin/rh)

  • Dipublish : 1 November 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami