Pembelajaran Jarak Jauh Bakal Via TV dan Radio

FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.
FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bakal membuat terobosan baru dalam pembelajaran jarak jauh, dalam masa pandemi Covid-19 ini. Rencananya, pembelajaran jarak jauh tak lagi dilakukan menggunakan smartphone atau secara online.

Tetapi, dengan menggunakan media eletronik, yang lebih mudah diakses oleh siswa.
Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga Setyadi, Kamis (7/8). “Nantinnya, kami akan menggandeng media elektronik untuk menyampaikan pembelajaran jarak jauh. Kami rencananya menggunakan televisi lokal dan radio lokal,” jelasnya seperti dikutip dari Radar Banyumas (Fajar Indonesia Network Grup).

Dia menjelaskan, mekanismenya pihaknya akan menyiapkan materi yang disampaikan oleh guru, baik berupa audio visual dan audio recording. Pihaknya, memilih televisi dan radio, karena media elektronik ini paling mudah diakses oleh siswa.

“Siswa tak perlu memikirikan kuota atau sinyal internet. Tinggal setel televisi atau radio, mereka sudah bisa mendapatkan materi pembelajaran,” bebernya.

Diakui olehnya, pembelajaran online yang saat ini dilaksanakan masih memiliki banyak kelemahan. Diantaranya, tak semua siswa memiliki smartphone. Selain itu, siswa juga terbatas terkait kuota dan sinyal internet.

Meski demikian pembelajaran online yang saat ini berjalan, akan tetap dilaksanakan. Sebab, guru hanya bisa memberikan tugas dalam pembelajaran jarak jauh, menggunakan media online. Karena pembelajaran tatap muka masih belum diperbolehkan, karena pandemi Covid-19.

Rencananya, sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan media elektronik tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Saat ini, kami sedang membentuk tim yang akan melaksanakan program ini. Termasuk menyiapkan teknis pembelajaran,” tambahnya.

Pihaknya juga akan menyurati seluruh sekolah mulai dari jenjang PAUD, SD dan SMP untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan media elektronik. “Ini sifatnya wajib untuk siswa. Jadi akan lebih maksimal,” ujarnya. (tya/fin)

  • Dipublish : 7 Agustus 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami