Pemda Diminta Lebih Aktif Cegah Penularan Covid-19 di Wilayahnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 Profesor Wiku Adisasmito meminta kepala daerah agar lebih aktif melakukan pencegahan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, satuan tugas (Satgas) Covid-19 di daerah dapat melakukan upaya pengendalian yang lebih masif.

“Melakukan upaya pengendalian covid-19 yang lebih spesifik sesuai kebutuhan masing-masing daerah,” kata Prof Wiku, Kamis (8/10).

Prof Wiku menuturkan Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan surat edaran nomor 440/5184 tanggal 17 September 2020 kepada gubernur, bupati, wali kota serta pemerintah daerah terkait agar membentuk satgas penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Satgas daerah ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan pelaksanaan kebijakan strategis yang berkaitan dengan penanganan Covid-19,” harap Wiku.

Tentunya satgas penanganan Covid-19 daerah, sambung Wiku, harus selalu berkoordinasi dengan satgas yang ada di pusat. Selain itu, dengan dibentuknya task force Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan merupakan strategi terkini untuk pengendalian Covid-19, khususnya pada provinsi-provinsi prioritas dengan tujuan menurunkan jumlah kasus, jumlah kematian dan meningkatkan angka kesembuhan.

“Serta mendorong agar terjadi penambahan jumlah ICU dan ruang isolasi di daerah. Hingga menambah tenaga kesehatan dan mendistribusikan alat pelindung diri, obat-obatan dan alat kesehatan lainnya di daerah,” ujar Wiku.

Oleh karena itu, peran serta masyarakat juga merupakan hal penting untuk mencegah penularan Covid-19. Wiku meminta agar masyarakat disiplin menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Memakai masker dan selalu menjaga jarak minimal satu setengah meter ketika berada di luar rumah, hindari kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer adalah kunci penanganan kasus Covid-19 di Indonesia,” pungkasnya.

  • Dipublish : 10 Oktober 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami