Pemerintah Luncurkan Pelayanan Dukcapil Bagi WNI

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri RI, secara resmi meluncurkan pelayanan pencatatan sipil dan kependudukan bagi WNI di luar negeri di KBRI Ankara.

Dalam peluncuran tersebut Kemdagri diwakili oleh . Sementara itu, Kemlu diwakili oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Judha Nugraha.

“Mulai saat ini 130 Perwakilan RI di luar negeri sudah bisa memberikan pelayanan semua jenis layanan catatan sipil mulai kelahiran sampai kematian, seperti halnya layanan yang diberikan dinas dukcapil di dalam negeri”, kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (26/12).

Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Judha Nugraha menambahkan, bahwa seluruh pelayanan bagi WNI di luar negeri, termasuk pelayanan catatan sipil, dapat diakses melalui Portal Peduli WNI.

“Portal Peduli WNI yang dibangun Kemlu dimaksudkan sebagai one stop service pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri. Dalam hal pelayanan Dukcapil, kita tidak membuat sistem baru. Ini adalah sistem Dukcapil Kemdagri. Portal Peduli WNI hanyalah pintu masuk bagi WNI yang menetap di luar negeri,” terangnya.

Produk pelayanan ini adalah hasil integrasi sistem dan data yang dilakukan Kemlu dan Kemdagri selama 3 tahun terakhir ini. Untuk WNI di luar negeri yang akan memanfaatkan berbagai jenis pelayanan dapat dilakukan dengan mengakses Portal Peduli WNI.

Jenis -jenis pelayanan yang bisa diperoleh melalui portal antara lain akte kelahiran, akte nikah, akte kematian, akte perceraian, surat-surat keterangan, legalisasi-legalisasi dokumen, pengaduan kasus dan lapor diri online.

(der/fin)

  • Dipublish : 27 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami