Pemilihan Dewan Pengawas, KPK Tidak Dilibatkan

Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan, pihaknya tidak dilibatkan sama-sekali dalam proses pemilihan Dewan Pengawas (Dewas). Menurutnya, lembaga antirasuah yang sebentar lagi akan ditinggalkannya itu hanya sebagai pelaksana Undang-Undang.

Pembentukan Dewan Pengawas KPK sendiri dilaksanakan setelah berlakunya Undang-Undang  Nomor 19/2019 tentang KPK. Sebagai pelaksana Undang-Undang lembaga antirasuah hanya bisa pasrah.

“KPK itu kan pelaksana Undang-Undang, kalau Undang-Undang sudah bunyi begitu, ya KPK harus melakukan,” kata Agus di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (6/12).

Agus menyampaikan, KPK tidak diminta untuk memberikan rekomendasi nama dan kriteria terkait siapa yang cocok untuk mengisi posisi Dewan Pengawas. Menurutnya, pihaknya hanya melakukan transisi terkait diterapkannya UU KPK hasil revisi.

“Yang sekarang kita lakukan adalah hari ini intensif rapat transisi, antara lain misalkan kita menyusulkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) supaya status (pegawai) KPK jelas, mudah-mudahan bisa segera kita sampaikan,” ucap Agus.

Lebih jauh, Agus menyampaikan, penentuan siapa yang akan menjabat Dewan Pengawas sepenuhnya berada di tangan Presiden Jokowi. Sebab, kata dia, Jokowi langsung berkoordinasi dengan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno yang menjadi koordinator dalam pemilihan Dewas.

“Kan yang milih presiden. Presiden pasti kan sudah punya nama. Yang saya dengar kan koordinatornya Mensesneg, pasti masukan dari sana,” pungkasnya.(jp)

 

  • Dipublish : 7 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami