Pemkab Polman Undang Enam Negara Meriahkan PIFAF 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLMAN– Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, serius melaksanakan Polewali Mandar International Folk & Art Festival (PIFAF) 2019. Event yang sudah ketiga kalinya ini, rencananya digelar di Arena Sport Center Polman, Agustus 2019.  Rencananya, ada enam negara yang akan diundang. Kegiatan itu diharapkan akan lebih sukses dibanding festival sebelumnya. Strateginya, promosi pra event, on event dan post event, akan mendatangkan wisatawan mancanegara.

PIFAF memang masuk 100 Calendar of Events Wonderful 2019 di Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Sesuai rilis 100 events pariwisata unggulan di seluruh Indonesia, acara ini terjadwal 7-13 Agustus 2019. Tujuan kegiatan itu, untuk mempromosikan destinasi wisata melalui atraksi eventnya yang memesona. 100 Calendar of Events Wonderful 2019 itu, termasuk PIFAF di Polman, merupakan langkah nyata Kemenpar agar dapat dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki event pariwisata berkualitas dan berstandar internasional, sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah yang lebih besar.

Kemenpar berharap, tim kurator mesti memastikan event pariwisata 2019 memenuhi nilai kreatifitas, nilai komersil, nilai komunikasi dan didukung komitmen/keseriusan kepala daerah dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.  PIPAF di Polman, ada enam negara yang diundang meramaikannya. Tujuan utamanya, promosi wisata daerah dan budaya Polman. Kabag Humas Pemkab Polman, Aco Musaddad, mengemukakan, pihaknya lagi gencar membranding Polman agar dikenal luas. Jika event sering digelar, perputaran ekonomi juga lebih cepat. Banyak pelaku usaha kecil akan bangkit.”Banyak destinasi wisata yang bisa kita jual. Perekonomian di sekitarnya juga akan bergairah,” ujar Aco.

Namun kendalanya kata Aco, Polman belum memiliki hotel yang layak. Ketersediaan kamar belum mencukupi. Undangan event sekelas PIPAF juga akan dibatasi, sebab penginapan tak mencukupi. Pihaknya berharap ke depan ada investor yang siap membangun hotel berbintang. “PIPAF sudah tiga tahun kita gelar, sudah jadi event nasional. Tentu ini akan rutin kita gelar,” tambahnya. Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Polman, Ahmad Rauf, menambahkan, pihaknya juga prioritaskan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Terutama jalan menuju destinasi wisata dan wilayah produksi. (win/ade)

 

Sumber: parepos.fajar.co.id

  • Dipublish : 31 Juli 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami