Pemkot Padang Pastikan Kesiapan Prokes di Sekolah

ilustrasi sekolah tatap muka. (JawaPos.com)
ilustrasi sekolah tatap muka. (JawaPos.com)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JaringaMedia.co.id,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang mencatat, hingga kemarin (15/12) sekitar 2.000 orang guru TK hingga SMP di Kota Padang telah menjalani tes swab di puskesmas masing-masing kecamatan.

“Ya, hari ini (kemarin, red) kira-kira sudah ada sekitar 2.000 orang guru yang sudah diswab,” kata Kepala Dinkes Padang Ferimulyani Hamid kepada Padang Ekspres, kemarin.
Dia menambahkan, hasil tes swab para guru pada Selasa (15/12) ini akan keluar satu atau dua hari lagi. “Antara Rabu atau Kamis baru bisa diketahui hasilnya. Mudah-mudahan tidak banyak guru yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kalau pun ada akan kita isolasi,” imbuhnya.

Ferimulyani menyatakan, tes swab para guru ini ditargetkan rampung secepatnya. Hal ini mengingat jumlah guru yang diswab mencapai 12 ribu orang. “Sementara waktu kita terbatas karena semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dimulai awal tahun depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19 Puskesmas Andalas, dr Pratiwi mengatakan hingga Selasa (15/12), sebanyak 800 orang guru telah menjalani tes swab di Puskesmas Andalas, Puskesmas Pembantu Kubu Dalam Parak Karakah dan Puskeskel Kubu Marapalam.

“Namun belum ada tambahan positif, masih tetap tiga orang guru. Karena kita masih ngerekap data guru yang sudah tes swab Selasa ini dan hasilnya baru akan keluar besok atau lusa,” ujar Pratiwi.

Seperti diketahui, para guru TK hingga SMP menjalani tes swab sebagai syarat untuk penerapan kembali pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun 2021 mendatang sesuai arahan Mendikbud Nadiem Makarim.

Pada Senin (14/12) kemarin, ada sekitar 600 orang guru menjalani tes swab di Puskesmas Andalas, Puskesmas Pembantu Kubu Dalam Parak Karakah, dan Puskeskel Kubu Marapalam. Hasilnya, tiga orang guru terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga:  Fitur Android Go Optimalkan Performa Smartphone, Ini Keunggulannya

Para guru yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani screening kesehatan di rumah sakit. Jika ada indikasi dirawat, mereka akan dirawat di rumah sakit khusus Covid-19. Jika tidak, mereka akan diarahkan untuk isolasi mandiri atau menjalani karantina di BPSDM atau tempat karantina lain sampai dinyatakan sembuh.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi mengatakan, Pemko Padang akan memastikan sarana dan prasarana, SDM, sosialisasi, termasuk perencanaan kegiatan PBM sebelum sekolah tatap muka dibuka awal Januari nanti.

“Tim Satgas Covid-19 Kota Padang akan melakukan verifikasi ke sekolah-sekolah. Verifikasi untuk memastikan bahwasanya sekolah sudah siap melaksanakan PBM tatap muka,” ujar Habibul.

Saat verifikasi itu, Tim Satgas akan melihat apakah sekolah sudah memenuhi syarat terkait protokol kesehatan dan lain sebagainya. Ini akan menjadi pertimbangan bagi Satgas Covid-19 untuk melakukan penilaian.

“Jika dalam verifikasi nantinya sekolah itu dinilai sudah siap untuk tatap maka kita akan keluarkan surat izinnya. Sebaliknya bagi sekolah yang belum siap kita beri kesempatan untuk mempersiapkan diri,” jelasnya.

Sehingga dengan demikian, PBM yang diselenggarakan itu diyakini aman dari penularan Covid-19 dan PBM yang dilaksanakan itu berkualitas. “Insya Allah, pembelajaran tatap muka akan kita mulai 4 Januari mendatang atau hari pertama semester genap tahun pelajaran 2020/2021,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SD 20 Kalumbuk Desra Sulastri mengatakan, saat ini sekolah yang dipimpinnya tengah menyiapkan sarana dan prasarana untuk persiapan belajar tatap muka Januari 2021 mendatang.

“Kami menata kembali ruangan belajar menjadi separoh muatan murid di lokal sesuai arahan pemerintah melalui dinas pendidikan, syarat belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19. Bangku dibuat berjarak lebih dari 1 meter, menyiapkan sarana cuci tangan dan lain sebagainya,” ujarnya. (padek.jawapos.com)

  • Dipublish : 16 Desember 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami