Pemprov Sulsel Lanjutkan Bangun Dua Rest Area

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melanjutkan pembangunan dua rest area yang merupakan program prioritas Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, yang dijanjikan ke masyarakat saat Pemilihan Gubernur 2018 lalu.

Dua rest area tersebut yakni di Kabupaten Sidrap dan Jeneponto. Kedua proyek ini menelan anggaran Rp26 miliar. Rp9 miliar untuk rest area Sidrap, dan Rp17 miliar untuk rest area Jeneponto.

Fungsi dari rest area yakni sebagai tempat beristirahatnya pengendara dan penumpang agar terjaganya kebugaran fisik dan psikologis yang berdampak pada kenyamanan dan kebugaran pikiran. Selain itu sebagai tempat beristirahatnya kendaraan setelah menempuh jarak jauh.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Astinah Abbas, mengatakan, pengerjaan tahun ini merupakan tahap perampungan setelah tahun sebelumnya tidak selesai.
“Sidrap dan Jeneponto, masih ada (lanjutan), sudah ada (pengerjaan) tapi tidak tuntas, yang kita laksanakan sesuai dana yang dialokasikan tahun 2021,” ucap Astinah, Minggu (23/1).

Adapun bagian yang telah dikerjakan meliputi food court, michi no eki, mushollah, water tank, dan sebagian akses jalannya.

Astina menambahkan, fokus pembangunan untuk tahun ini yakni akses jalan, parkiran, gedung pertemuan dan galeri seni budaya.

Selain itu akan dihadirkan pula ruang klinik dan bengkel, plaza, kolam renang, pos jaga, tempat foto, dan sambungan air hingga lampu penerangan.

Rest area yang berlokasi di Jeneponto, tepatnya di daerah Karamaka Kecamatan Bangkala. Rest area tersebut akan dibangun diatas lahan 5 hektare.

Astinah menambahkan, fungsi utama dari rest area tersebut yakni0 sebagai tempat persinggahan atau transit.

Selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dengan memberdayakan UMKM. Sehingga selain menjadi tempat istrahat juga menjadi pusat kerajinan dan oleh-oleh.

“Kami target rampung 100 persen tahun ini, tender ini belum karena ada review desainnya sementara berjalan,” jelasnya. (bkm/jm)

  • Dipublish : 24 Januari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami