Penambahan Positif Corona di Malaysia Mengejutkan, Mayoritas dari Jemaah Tablig

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id,KUALA LUMPUR – Jumlah positif corona (COVID-19) di Malaysia mengalami penambahan signifikan yakni 190 kasus baru, pada Minggu (15/3) hingga jam 12.00.

Dari jumlah 190 itu, kebanyakan merupakan peserta pertemuan jemaah tablig di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur, pada 27/2 hingga 3/3.

“Terdapat 190 kasus baru yang telah dilaporkan. Ini menjadikan jumlah kasus positif COVID-19 di Malaysia adalah sebanyak 428 kasus,” kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr Adham Baba dalam keterangan pers di Putrajaya, Minggu.

Noor mengatakan bahwa tujuh kasus yang disahkan positif COVID-19 sebelum ini telah pulih dan dibenarkan keluar dari ruang isolasi Rumah Sakit Sungai Buloh.

“Ini menjadikan 42 kasus telah pulih sepenuhnya dari COVID-19 dan telah keluar dari wad,” katanya.

Dia mengatakan sebanyak sembilan kasus positif sedang dirawat di Unit Rawat Intensif (ICU) dan memerlukan bantuan pernapasan.

“Penyelidikan dan deteksi peserta pertemuan tabligh masih sedang giat diteruskan. Justru KKM menyeru agar peserta pertemuan tabligh menghubungi Kantor Kesehatan Daerah terdekat untuk tindakan selanjutnya,” katanya.

Peserta pertemuan tabligh akan ditangani di bawah perintah pengawasan dan perhatian Pasal 15(1), Undang-Undang Pencegahan dan Pengawalan Penyakit Berjangkit 1988 untuk tempoh 14 hari dari tanggal terakhir menghadiri pertemuan tabligh di Masjid Sri Petaling atau kontak terdekat kasus positif COVID-19.

“Begitu juga untuk kontak terdekat kasus positif COVID-19, patient-under-investigation (PUI) yang tidak mematuhi kriteria masuk ke dalam hospital, mereka juga perlu diatur di bawah perintah pengawasan dan perhatian sesuai ketentuan,” katanya.

Dalam keterangan pers terbaru tersebut, Kementrian Kesehatan Malaysia tidak menyinggung tentang WNI di Malaysia yang terdampak.

Pada siaran pers Sabtu (14/3) disebutkan bahwa terdapat tiga warga negara Indonesia yang positif. (atr/jpnn/jm)

  • Dipublish : 16 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami