Penciuman Belum Pulih Setelah Idap Covid-19, Hiruplah 4 Aroma Ini 2 Kali Sehari

Ilustrasi pasien corona
Ilustrasi pasien corona
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Hal yang paling umum terjadi saat seseorang terinfeksi Covid-19 adalah kehilangan kemampuan penciuman atau hilangnya bau. Cara untuk mengatasi hal ini ternyata bisa melatihnya dengan mengendus aroma tertentu.

Menurut para ahli, kondisi ini bisa memakan waktu mungkin berbulan-bulan. Akan tetapi cobalah mengatasinya dengan menghirup setidaknya 4 aroma berbeda 2 kali sehari. Sehingga dapat membantu pasien pulih lebih cepat dan lebih sempurna, tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

Rekomendasi tersebut didasarkan pada tinjauan berbasis bukti sistematis, yang menyimpulkan bahwa kortikosteroid seharusnya tidak menjadi pilihan pengobatan pertama untuk kehilangan bau akibat Covid-19. Obat-obatan ini biasanya diresepkan untuk mereka yang mengalami hidung tersumbat atau meradang, tetapi bukan untuk disfungsi penciuman pasien Covid-19. Studi tersebut dipublikasikan di International Forum of Allergy & Rhinology.

Pelatihan penciuman fungsinya agar kemampuan menghirup bau kembali aktif setelah infeksi virus. “Sebagai kelompok ahli, kami sangat menekankan pertimbangan awal pada pelatihan penciuman,” tulis kelompok tersebut.

“Terapi pelatihan bau ini tidak memiliki efek samping dan biayanya rendah. Alami dan didukung penelitian yang kuat,” katanya seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (5/5).

Sekitar 60 persen dari mereka yang terjangkit Covid-19 mengalami gangguan penciuman, sementara sekitar 10 persen memiliki gejala yang terus-menerus berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Pada awal 2021, sebuah studi terhadap 1.363 pasien virus Korona dengan disfungsi penciuman menemukan 95 persen pasien pulih indra penciumannya setelah enam bulan.

“Pelatihan bau ini telah muncul sebagai pilihan pengobatan yang murah, sederhana, dan tanpa efek samping untuk berbagai penyebab hilangnya bau, termasuk Covid-19,” kata peneliti Carl Philpott dari University of East Anglia di Inggris.

“Ini bertujuan untuk membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas yakni kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengimbangi perubahan atau cedera,” paparnya.

Secara tradisional, pelatihan penciuman bergantung pada 4 bau. Apa saja? Yakni cengkeh, mawar, lemon, dan kayu putih.

Bahkan mungkin ada manfaatnya jika Anda berfokus pada bau yang sudah dikenal, seperti parfum, kulit lemon, vanila, atau kopi bubuk. Untuk hasil terbaik, Anda harus mengubah keempat bau tersebut setiap 12 minggu. (jpg/jm)

  • Dipublish : 6 Mei 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami