Penelitian: Flu Biasa Justru Lindungi Tubuh dari Terinfeksi Covid-19

ILUSTRASI (PIXABAY)
ILUSTRASI (PIXABAY)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Era pandemi Covid-19 memang sulit membedakan antara pilek atau flu biasa dengan Covid-19. Bahkan jika terpapar virus Delta, seseorang bisa mengalami pilek dan hidung meler. Akan tetapi, flu biasa rupanya justru bisa melindungi tubuh dari paparan Covid-19.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa terkena flu biasa dapat melindungi Anda dari terinfeksi Covid-19. Akademisi yang berbasis di Yale telah menemukan bahwa rhinovirus dalam flu biasa memicu pergerakan gen yang distimulasi interferon, yang merupakan molekul respons cepat untuk menghentikan duplikasi virus menular di daerah yang terkontaminasi dengan flu.

Para ahli mengatakan flu biasa cepat menghentikan perkembangan virus korona. Tim peneliti menganalisis fungsi perlindungan tubuh selama tahap awal paparan Covid-19.

BACA JUGA:  Peneliti: Pasien Covid-19 Embuskan 95 Persen Partikel Virus di Udara

Mereka juga menemukan bahwa virus Covid-19 hancur ketika bersentuhan dengan flu biasa. Menurut para peneliti, ukuran virus saat terpapar menentukan apakah tubuh dapat secara efisien memerangi infeksi SARS-CoV-2 atau tidak.

“Tampaknya ada titik celah virus pada awal Covid-19, dimana virus bereplikasi secara eksponensial sebelum memicu respons pertahanan yang kuat,” kata Kepala Peneliti Ellen Foxman seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Rabu (14/7).

“Temuan ini dapat membantu menjelaskan mengapa pada saat-saat ketika flu biasa terjadi, tingkat infeksi virus lain seperti influenza cenderung lebih rendah,” kata Dr Foxman.

“Ada interaksi tersembunyi antara virus yang tidak begitu kita pahami, dan temuan ini adalah bagian dari teka-teki yang baru saja kami lihat,” tambahnya.

Seluruh temuan penelitian ini sekarang tersedia di Journal of Experimental Medicine. Temuan ini bisa memberikan rekomendasi bagi para tenaga medis untuk pengobatan pasien. (JPC/JM)

  • Dipublish : 14 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami