Penuhi Cairan Selama Berpuasa, Atur agar Tetap Delapan Gelas Per Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id − Selama berpuasa tubuh harus terhidrasi dengan baik supaya tidak mudah lemas. Kebutuhan air putih tetap di angka 1,5−2 liter sehari. Angka tersebut bisa dikonversikan menjadi delapan gelas air tiap hari. ’’Ini untuk individu tanpa riwayat gagal jantung atau ginjal, ya,’’ ucap dr Ary Widhyasti Bandem MKes SpKK FINSDV FAADV.

Organ tubuh membutuhkan asupan cairan untuk terus berkembang dan bekerja. Kebutuhan delapan gelas yang biasanya dipenuhi sepanjang hari selama berpuasa bergeser menjadi usai magrib hingga sebelum subuh. Pembagian delapan gelas air itu juga tidak bisa sembarangan.

Stefania Widya Setyaningtyas SGz MPH mengatakan, seseorang perlu mengonsumsi dua gelas saja saat sahur dan berbuka. ’’Karena kalau terlalu banyak malah kembung air,’’ ucap perempuan yang sudah menekuni dunia ahli gizi selama sembilan tahun tersebut.

Jika terlalu kembung air, orang jadi cenderung mengurangi makanan yang dikonsumsi. Padahal, momen berbuka dan sahur merupakan waktu penting untuk memenuhi gizi seimbang bagi tubuh. ’’Kalau mau dibagi, satu gelas sebelum makan, satu gelas setelah makan juga boleh,’’ tuturnya. Sisa empat gelas air lainnya bisa dikonsumsi bertahap saat malam.

Yeny Ries yang berdomisili di Surabaya Barat mengatakan sudah membiasakan keluarganya untuk minum dua gelas air saat sahur. ’’Memang pas buka kadang lebih banyak ya kami minumnya karena haus,’’ ucapnya, kemudian terkekeh.

Salah satu yang sering diperhatikan adalah kulit kering saat kekurangan air. Menurut Ary, hal tersebut juga perlu ditunjang dengan penggunaan pelembap. ’’Bisa apply 2−3 kali sehari,’’ ucapnya.

Apalagi bibir yang lebih dari 12 jam tidak terkena air segar. Menurut Ary, penggunaan pelembap bibir juga bisa menjaga kesegaran. ’’Nah, yang nggak boleh dilakukan itu mengelupas bibir kering karena bisa memperparah,’’ paparnya. (jp)

  • Dipublish : 27 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami