Perdana, Kementan Sertifikasi Ekspor Gagang Cengkih Sulsel ke India

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR – Setelah melepas perdana ekspor talas satoimo ke Jepang pada bulan September, Sulsel kembali menambah komoditas ekspor baru yaitu batang cengkih .

Ternyata tidak hanya bunganya yang laris, gagang atau batang cengkih yang biasanya tidak terpakai atau dibuang, tetap masih memiliki nilai ekonomis tinggi dan diminati pasar ekspor.

“Alhamdulillah, bertambah lagi ragam komoditas unggulan ekspor kita. Kami dorong pelaku usaha untuk gali, gali dan ekspor lagi,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali saat melepas ekspor perdana 50 ton batang cengkih senilai Rp. 396 juta ke India dari Pelabuhan Laut Soekarno Hatta, Makassar (11/10).

Menurut pemilik, PT. Global Vision Impox batang dari tanaman asli Indonesia tersebut dinegara tujuan ekspor produk ini diolah menjadi minyak atsirinya dan digunakan sebagai rempah-rempah.

Jamil berharap, kedepan komoditas ini dapat diolah langsung oleh pelaku usaha menjadi produk jadi atau minimal setengah jadi. Selain ada tambahan margin keuntungan bagi petani karena untuk pasar ekspor, industri olahan produk pertanian juga membuka lapangan pekerjaan. Jadi tidak saja petani, masyarakat lainpun ikut terdongkrak kesejahterannya. (*)

  • Dipublish : 11 Oktober 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami