Peringatan Dini Dampak La Nina Untuk Sejumlah Provinsi, Termasuk Sulbar & Sulteng

Ilustrasi
Ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

 

JaringanMedia.co.id, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian provinsi di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis BMKG.go.id, kawasan berpotensi hujan lebat diantaranya Provinsi Banten, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

“Waspadai potensi berikutnya di Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara,” tulis BMKG, Senin (26/4). Sementara untuk prakiraan cuaca DKI Jakarta mayoritas cerah berawan dari pagi hingga dini hari mendatang.

BACA JUGA:  Napi Pembunuhan Kabur Dari Rutan Mamuju ini Fotonya

“Hujan ringan akan dialami wilayah Kepulauan Seribu,” katanya. Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan dampak perubahan iklim global terhadap La Nina menyebabkan frekuensi cuaca ekstrem di Indonesia terjadi makin sering.

“Dampak perubahan iklim ini kami proyeksikan sampai akhir abad ke-21, di mana kondisi ekstrem saat musim hujan itu akan semakin basah, dan apabila kemarau pun akan semakin kering dan frekuensi kejadian periode ulangnya semakin pendek dan intensitasnya tinggi,” kata Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan La Nina memicu peningkatan curah hujan ekstrem di Jakarta dengan intensitas tinggi 145 mm dalam sehari, siklusnya ini terjadi sejak 1900-1950.

“Sejak 1980 bahkan 1990 hujan ekstrem itu bisa terjadi hanya kurang dari 50 tahun, bahkan hanya 2-5 tahun,” jelas Dwikorita. (antara/jpnn)

 

  • Dipublish : 26 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami