Pernyataan Jaksa Agung Terkait Semanggi I-II Bukan HAM Berat Diklarifikasi Mahfud MD

Menkopulhukam Mahfud MD bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA,- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meluruskan pernyataan Jaksa Agung ST Burhanuddin terkait kasus Semanggi I dan II bukan pelanggaran HAM berat. Mahfud menilai telah terjadi mispersepsi terhadap pernyataan tersebut.

Mahfud menegaskan tidak ada pernyataan Jaksa Agung yang menyimpulkan tragedi tersebut bukan pelanggaran HAM berat. Hal itu sudah dikonfirmasikan langsung kepada Burhanuddin dalam pertemuan yang digelar di Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Rabu (22/1).

“Jadi tidak ada pernyataan Semanggi itu bukan pelanggaran HAM berat. Pernyataannya itu, DPR pernah menyatakan dan sekarang menurut Kejaksaan kalau masih menjadi masalah Kejaksaan Agung siap menyelesaikan,” kata Mahfud usai bertemu Jaksa Agung.

Mahfud menjelaskan, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Jaksa Agung dengan Komisi III, Burhanuddin dalam posisi menjawab pertanyaan anggota DPR. Saat itu, Burhanuddin menjelaskan bahwa pada 2001 DPR pernah menyatakan Tragedi Semanggi I dan Semanggi II bukan pelanggaran HAM berat. “Dulu DPR pernah menyatakan begitu,” tegas Mahfud.

Namun, publik mengartikan pernyataan tersebut sebagai kesimpulan Jaksa Agung. Di sisi lain Jaksa Agung sepakat apabila kasus Semanggi I dan II harus diusut tuntas apabila memang masih ada catatan hukum yang belum tuntas. Kejaksaan pun dipastikan siap menyelesaikan kasus yang terjadi pada 1998-1999 tersebut.

Sebelumnya, Jaksa Agung, ST Burhanuddin melakukan rapat kerja dengan Komisi III DPR. Dalam pemaparannya, Burhanudin mengatakan kasus Tragedi Semanggi I dan II bukanlah pelanggaran ‎hak asasi manusia (HAM) berat.

‎”Peristiwa Semanggi I Semanggi II sudah dibahas dalam rapat paripurna DPR RI. Hasil rapat menyatakan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan pelanggaran HAM berat,” ujar Burhanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/1). (jp)

  • Dipublish : 22 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami