Pertamina Perbaiki 3.074 Rumah Warga Terdampak Kebakaran Kilang Balongan

Kebakaran kilang minyak Balongan, Kabupaten Indramayu, beberapa waktu lalu. (Salman Toyibi/JawaPos)
Kebakaran kilang minyak Balongan, Kabupaten Indramayu, beberapa waktu lalu. (Salman Toyibi/JawaPos)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jaringanmedia.co.id –  PT Pertamina segera memperbaiki 3.074 rumah dan properti warga yang terdampak kebakaran empat tangki di Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Biaya akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing pemilik bangunan.

”Biaya perbaikan kerusakan bangunan dan properti warga yang diberikan juga mencakup jasa tukang. Insya Allah cukup untuk memperbaiki rumah,” kata Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Kilang Balongan Cecep Surpiyatna seperti dilansir dari Antara.

Cecep mengatakan, pemberian biaya perbaikan itu sebelumnya telah melalui beberapa tahap.  Seperti pendataan oleh 16 tim gabungan yang dibentuk melalui SK Bupati Kabupaten Indramayu No.364.05/Kep.195-Kesra/2021 tentang Tim Penanggulangan Dampak Sosial dan Lingkungan Akibat Kebakaran Tanki RU VI Balongan.

Tim tersebut, lanjut Cecep, terdiri atas Tim Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas Permukiman dan Perumahan (Kimrum) Kabupaten Indramayu. ”Tim telah selesai mendata, memverifikasi, dan memvalidasi besaran biaya perbaikan bangunan dan properti warga sebanyak 3.074 unit,” tutur Cecap.

Dia mengatakan, verifikasi dan validasi penting dilakukan sebelum biaya perbaikan dibayarkan sebagai wujud akuntabilitas. ”Proses verifikasi dan validasi diawali dengan survei dan pendataan di lapangan oleh tim gabungan yang independen,” kata Cecep.

Cecep menjelaskan, prosedur pemberian biaya perbaikan rumah, nantinya warga dibuatkan rekening BRI dan dibagikan buku tabungan dengan jadwal dan lokasi yang ditentukan Pertamina. Kemudian dana yang telah disepakati akan ditransfer ke rekening masing-masing warga yang sudah terdata. Sementara buku tabungan akan dibagikan kepada warga terdampak secara bertahap.

”Tahap pertama pada Kamis (29/4), buku tabungan akan dibagikan kepada warga di dua desa yang terletak di ring satu kilang, yaitu Desa Balongan dan Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu,” terang Cecep. (jawapos/jm)

  • Dipublish : 29 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami