Pesawat Militer Jatuh di Rumah Warga, 17 Orang Tewas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

ISLAMABAD – Sedikitnya 17 orang tewas dan puluhan korban lainnya mengalami kritis, dalam insiden kecelakaan pesawat militer Pakistan yang sedang latihan terjatuh di tengah pemukiman warga, di Rawalpindi, Selasa (30/7).

Pejabat layanan darurat Pakistan, Farooq Butt mengtakan, dalam insiden tersebut, lima awak pesawat seluruhnya meninggal dan terdapat 12 warga sipil yang juga menjadi korban meninggal.

“Sebuah pesawat kecil menabrak sebuah area perumahan. Sejauh ini kami telah mendapati 17 jasad, yang terdiri dari 12 warga sipil dan 5 awak pesawat,” kata Butt, Selasa (30/7).

Menurut Butt, jumlah korban meninggal diperkirakan dapat terus meningkat. Saat ini beberapa korban terluka dilaporkan sedang dalam kondisi kritis.

“20 orang terluka akibat insiden tersebut dan sedang dalam penanganan darurat di rumah sakit,” ujarnya.

Butt mengatakan, saat ini evakuasi masih berlangsung di lokasi kecelakaan. Dalam sebuah laporan, disebutkan bahwa ada rumah yang terbakar akibat jatuhnya pesawat militer itu.

Sementara itu, pihak militer tidak memberikan rincian mengenai penyebab kecelakaan pesawat. Pihaknya hanya mengatakan, bahwa sebuah pesawat penerbangan militer yang sedang melakukan latihan penerbangan rutin jatuh di Mora, desa di pinggiran Rawalpindi.

“Pesawat nampaknya secara tiba-tiba terputus dari pantauan menara pengawas. Belum dapat dipastikan apakah ada kerusakan yang menyebabkan pesawat kehilangan kendali dan akhirnya terjatuh,” terangnya.

Insiden kecelakaan pesawat ini bukan yang pertama kali terjadi di Pakistan. Sejumlah kecelakaan pesawat dan helikopter dilaporkan sering terjadi di negara Asia Selatan itu selama bertahun-tahun.

Pada 2016 lalu, sebuah pesawat komersial Pakistan International Airlines terbakar setelah satu dari dua mesin turboprop-nya mati ketika terbang dari utara Pakistan ke Islamabad. Insiden itu menewaskan lebih dari 40 orang.

Kecelakaan paling mematikan terjadi pada 2010 lalu, ketika sebuah pesawat Airbus 321 yang dioperasikan oleh maskapai swasta Airblue menabrak bukit-bukit di luar Islamabad dari Karachi. Insiden itu menewaskan seluruh 152 penumpang.

(der/afp/fin)

  • Dipublish : 31 Juli 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami