Plt Gubernur Sulsel Usulkan 161 Desa Wisata ke Menparekraf

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, MAKASSAR — Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis dan Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Zona B yang digelar secara virtual pada Jumat (16/7/2021).

Kegiatan tersebut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, dan sejumlah dewan juri ADWI 2021.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku untuk pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Pemerintah Provinsi telah mengusulkan 161 Desa Wisata dari 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

“Alhamdulillah dari Kabupaten Kota kami usulkan 161 Desa Wisata untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf,” katanya.

Dari seluruh desa yang telah ditadaftarkan, menurut Plt Gubernur akan menjalani Bimbingan Teknis dan Workshop berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Kemenparekraf, yakni pada Jumat 30 Juli 2021, dan pengumuman pemenang lomba ADWI 2021 akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.

Dengan demikian, Plt Gubernur meminta kepada seluruh desa yang telah didaftarkan dalam even tersebut untuk mempersiapkan diri menjalani Bimbingan Teknis dan Workshop yang digelar Kemenparekraf.

“Penetapan juara di bulan Desember 2021. Semua desa yang sudah kita usulkan harapan kami teregistrasi dalam sistem kementerian untuk program-program berkelanjutan,” tegasnya.

Untuk kategori lomba, dikutip dari laman https://jadesta.com/adwi2021, ada 7 kategori yakni, Kategori Home Stay, Kategori CHSE (Cleanliness-Kebersihan, Health-Kesehatan, Safety-Keamanan, dan Environment-Ramah lingkungan), Kategori Toilet, Kategori Suvenir, Kategori Daya Tarik Wisata, Kategori Desa Digital, dan Kategori Konten Kreatif.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menjelaskan, kegiatan ADWI 2021 merupakan ajang bagi Desa Wisata di Indonesia untuk menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini juga, kata Pria yang akrab disapa Mas Menteri tersebut, digelar sekaligus untuk membangun motivasi bagi pengelola desa dalam mengembangkan dan menjadikan desa sebagai penggerak ekonomi dengan mengedepankan kearifan lokal. (rls)

  • Dipublish : 16 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami