Polisi Gagalkan Penyelundupan 12 Ribu Benih Lobster

ilustrasi
ilustrasi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

BANTEN – Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten, berhasil menggagalkam Penyelundupan 12.000 benih lobster di Kecamatan Malimping, Kabupaten Lebak. Dalam perkara ini, polisi menangkap seorang tersangka berinisial US, 48.

“Dari pelaku ini kita amankan benih lobster yang berjumlah 12.117 ekor yang terdiri dari 12.001 ekor benih lobster jenis Pasir dan 116 ekor jenis Mutiara,” ujar Dirreskrimsus Polda Banten Kombes Pol Joko Sumarno dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/4).

Joko memastikan, pelaku dalam melakukan penjualan benih lobster tidak mengantongi izin sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Hal itu bertentangan dengan ketentuan jual beli benih lobster.

“Semestinya yang bersangkutan mendapat lisensi. Apabila melakukan kegiatan ini harus mendapat izin dari kementrian dan sebagainya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Joko menuturkan, pelaku menjual benih lobster ini sekitar Rp 60 ribu per ekor. “Dan jumlah bibit lobster ini sebanyak 12 ribu ekor lebih, maka Polda Banten berhasil mencegah kerugian negara sebesar Rp 720 Juta,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 92 UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan yang telah diubah dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. (jm/jawapos)

  • Dipublish : 10 April 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami