Polisi Grebek Pabrik Tahu Berformalin

Ilustrasi ( Dok. Foto: Faisal R Syam / FAJAR INDOENSIA NETWORK.)
Ilustrasi ( Dok. Foto: Faisal R Syam / FAJAR INDOENSIA NETWORK.)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Satuan Reskrim Polsek Talang Kelapa membongkar pabrik tahu berformalin, di Jalan Talang Keramat Lorong Ghofar RT 13/05 Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa, Senin (30/12) kemarin.

Dari hasil penggerebekan polisi mengamankan 18 buah ember berisi potong tahu dan 1 botol bekas berisi cairan formalin. Tak hanya itu, polisi juga menahan pemilik usaha bermana Julius alias Jun (45) dan Rio Faoyi alias Ompong (29) yang merupakan pegawai usaha tersebut.

Diketahui jika Julius merupakan warga Kelurahan Sukamaju Sako Palembang dan Ompong warga Kecamatan Bandar Jawa Tengah. Pria berambut pirang dan bertato ditangan ini sudah lama memproduksi tahu formalin untuk menghindari kerugian.

Kapolsek Talang Kelapa Kompol Masnoni SIk menyebutkan penggerebekan dilakukan Sabtu (28/12) lalu, saat anggota Polsek Talang kelapa mendapati laporan masyarakat bahwa ada usaha rumahan yang memproduksi tahu dengan dicampur zat berbahaya yakni formalin.

“Anggota mendatangi lokasi pembuatan tahu dan melakukan pemeriksaan dan dilakukan tes kit. Hasilnya positif, ada 8 ember besar tahu mengandung formalin,” ujar Kapolsek Talang Kelapa Kompol Masnoni SIk, kemarin.

Kata dia, pelaku memproduksi tahu berformalin sudah lama. Hal itu dilakukan agar tahu yang diproduksinya menjadi lebih tahan lama. Pelaku merendam tahu menggunakan air formalin.

”Tentunya hal tersebut bertujuan agar tahunya awet atau tahan lama untuk dapat dikonsumsi. Kami amankan barang bukti 8 buah ember berisi potongan tahu dan 1 botol air berisi formalin,” kata dia.

Atas perbuatan kedua pelaku dijerat dengan pasal 136 huruf b jo pasal 175 ayat (1) Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pangan dan jo Permenkes nomor 1668 tahun 1999 dengan ancaman di atas 5 tahun penjara.

(ron/fin/jm)

 

  • Dipublish : 31 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami