Polri Siapkan Pengamanan Libur Panjang Maulid Nabi

ILUSTRASI: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau Tol Jakarta-Cikampek. (Istimewa)
ILUSTRASI: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau Tol Jakarta-Cikampek. (Istimewa)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Periode 28 Oktober-1 November 2020 diperkirakan akan menjadi libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Bersamaan dengan itu, peningkatan arus lalu lintas diprediksi akan terjadi, terutama lalu lintas dari DKI Jakarta ke wilayah Jawa atau Sumatera.

“Terkait hal tersebut Korlantas Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dalam kegiatan Kamseltibcarlantas dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (21/10).

Polri memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 27-28 Oktober. Saat ini Polri sudah melakukan berbagai persiapan agar masyarakat yang hendak bepergian bisa terlayani dengan baik.

“Dari Korlantas Polri sudah melakukan pengecekan untuk mengetahui bagaimana kondisi jalan yang akan dilalui pemudik dan demi kelancaran serta kenyamanan para pemudik,” jelas Ramadhan.

Menyambut libur panjang ini, Polri mengerahkan 160.916 personel. Mereka selain disebar disejumlah ruas jalan, juga ditempatkam di 645 pos pengamanan lalu lintas.

“Adapun penggelaran pos keamanan dan pos terpadu yang disiapkan sebanyak 645 Pos dengan fokus pengamanan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata dan jalur alternatif maupun tempat penyeberangan,” pungkas Ramadhan.

Adapun rekayasa lalu lintas yang disiapkam apabila terjadi kemacetan berupa penerapan contra flow di jalan tol Jakarta-Cikampek, pembatasan truk sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol, pengaturan buka tutup di rest area, memperbanyak petugas card reader di di gerbang tol dan melakukan pengaturan di penyeberangan Kapal ASDP. (jp)

  • Dipublish : 21 Oktober 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami