Presiden Jokowi Resmi Lantik KSAL dan KSAU Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Tampuk kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) resmi berpindah. Kursi KSAL saat ini menjadi milik Laksamana Madya TNI Yudo Margono, sedangkan KSAU diduki oleh Marsekal Madya Fajar Prasetyo.

Keduanya secara resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelantikan digelar secara sederhana di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, pada Rabu (20/5). Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL serta KSAU. Proses pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah jabatan dari kedua orang yang dilantik.

Kegiatan ini digelar sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh hadirin trrlihat menggunakan masker. jarak antar hadirin pun cukup renggang guna menjaga physical distancing. Usai pembacaan sumpah jabatan, Yudo dan Fajar langsung mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Keduanya secara resmi menyandang bintang 4 dipundak alias Laksamana untuk KSAL dan Marsekal (KSAU).

Kenaikan pangkat ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34 dan 35 Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira TNI. Sejak hari ini, Yudo resmi menanggalkan jabatan lamanya sebagai Panglima Komanda Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, sedangkan Fajar meninggalkan jabatannya sebagai Pangkogabwilhan II.

Diketahui, Laksamanan TNI Siwi Sukma Adji yang sebelumnya menjabat KSAL akan memasuki masa pensiun pada Juni 2020. Sedangkan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang menjabat KSAU sebelumnya akan memasuki masa pensiun pada bulan ini. (jp)

  • Dipublish : 20 Mei 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami