Presidensi Indonesia di G20 Diakui Dunia

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dedy Budi Waluyo (kiri). (Jawapos)
Deputi Gubernur Bank Indonesia Dedy Budi Waluyo (kiri). (Jawapos)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Dana Moneter Internasional (IMF) menaruh harapan besar terhadap G20 di bawah kepemimpinan Indonesia. Mereka optimistis dari forum itu dirumuskan strategi bersama keluar dari dampak pandemi Covid-19. IMF juga memastikan mereka tidak menyiapkan pendanaan khusus untuk membantu sebuah negara dalam berjuang keluar dari pandemi.

Pandangan tersebut disampaikan Deputi Utama Managing Director IMF Geoffrey Okamoto di sela pertemuan 1st Finance and Central Bank Deputies (FCBD) Meeting G20 di Nusa Dua, Bali, kemarin (10/12). Dia mengatakan, berkurangnya kasus Covid-19 menjadi momentum menyusun strategi exit policy. “Untuk pertumbuhan negara bisa dimulai,” katanya.

Menurut Okamoto, tidak mudah membangkitkan perekonomian. Setiap kebijakan memiliki tantangan tersendiri. “Namun, semua pihak bisa berkolaborasi untuk mendorong pertumbuhan,” ujarnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dedy Budi Waluyo menambahkan, delegasi G20 memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kepemimpinan Indonesia. “Baik dalam hal penyusunan substansi yang berimbang serta dari sisi penyelenggaraan. Kita dinilai sangat fantastis,” katanya.

Terpisah, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang mampu berimbang menangani pandemi dan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dia berharap, pada kuartal IV 2021, pertumbuhan ekonomi bisa menyentuh 4,5–5,5 persen YoY. Sedangkan pertumbuhan sepanjang tahun ini ditargetkan sebesar 3,7–4 persen.

“Banyak lembaga internasional, termasuk Bank Dunia, yang mengapresiasi upaya Indonesia dalam menyeimbangkan penanganan Covid-19 dan PEN,” ucapnya. (jpc/jm)

  • Dipublish : 13 Desember 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami