Proses Visa dan Pengkloteran Haji Diserahkan ke Kanwil Kemenag Provinsi

Ilustrasi (Dite Surendra/Jawa Pos)
Ilustrasi (Dite Surendra/Jawa Pos)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Proses pengurusan visa haji mulai tahun ini tidak lagi di pusat, dengan begitu prosesnya akan lebih cepat.

“Proses visa dan pengkloteran cukup dilakukan Kanwil Kemenag provinsi saja,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar, Kamis (9/1).

Sebelumnya, proses visa 231 ribu jemaah biasanya terpusat di Jakarta. Tahun ini dilakukan Kanwil Kemenag provinsi sehingga daerah tidak perlu mengirim paspor jemaah ke Jakarta untuk pengurusan visa.

“Pembatalan jemaah haji karena berhalangan tetap yang semula dilakukan di Ditjen PHU, tahun 2020 juga cukup dilaksanakan di Kanwil,” lanjutnya.

Nizar mengatakan, tahun ini pihaknya juga akan melakukan peningkatan sarana prasarana pelayanan haji. Caranya, dengan merevitalisasi Asrama Haji baik Asrama Haji Transit, antara maupun Asrama Haji Embarkasi dan Debarkasi.

Kemenag juga terus membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

“Kenapa perlu dibangun PLHUT, karena layanan haji yang terpenting adalah berada di Kankemenag Kabupaten/Kota,” ucap Nizar.

Dulu, lanjutnya, jemaah haji ketika mendaftar haji mondar mandir Kemenag Kabupaten/kota dan Bank. Dengan PLHUT, jemaah haji tidak perlu mondar mandir, istilahnya One Stop Services.(jpnn/jm)

  • Dipublish : 9 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami