PSM Terbanyak Gunakan Pemain Naturalisasi

Foto: ABE BANDOE/FAJAR
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR – Klub Liga 1 doyan menggunakan jasa pemain naturalisasi. Tak bisa dipungkiri, kontribusinya pun terbukti mampu memacu performa klub di klasemen sementara.

Papan atas klasemen Liga 1 saat ini dipimpin oleh klub yang memiliki pemain naturalisasi. Kecuali Arema FC di peringkat keempat. Bahkan PSM merupakan pengguna pemain naturalisasi terbanyak.

Berbanding lurus dengan klub yang tidak memiliki pemain naturalisasi. Mereka adalah penghuni papan bawah hingga degradasi. Di antaranya, PSIS, Perseru Badak, Persela, Barito Putera, Persija, dan Semen Padang.

PSM memiliki tiga pemain naturalisasi. Masing-maasing Guy Junior (Kamerun), Raphael Maitimo (Belanda), dan rekrutan baru Ezra Walian (Belanda). Sebetulnya PSM juga berpeluang menambah satu pemain naturalisasi lagi, yakni Marc Klok. Berkasnya juga sudah masuk di meja Kemenpora.

Saat ini PSM masih memiliki jatah satu slot pemain. Akan tetapi, PSM juga sudah menutup rapat-rapat perekrutan pemain lagi. “Ezra jadi rekrutan terakhir kita musim ini,” ucap CEO PSM, Munafri Arifuddin, kemarin.

Terkait banyaknya klub yang menggunakan pemain naturalisasi, legenda PSM, Syamsuddin Umar, menilai hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Menurutnya, dengan pemain naturalisasi tersebut jadi opsi lain bagi klub untuk menambah pemain asing.

Seperti diketahui, regulasi Liga 1 membatasi perekrutan maksimal empat pemain asing saja, dengan skema 3+1 (3 non-Asia, 1 Asia. “Positifnya kalau pemain naturalisasinya itu setara level pemain asing,” jelas Syam.

Belum lagi, kata dia, jika klub tersebut menurunkan tiga pemain naturalisasi, plus empat pemain asing. Otomatis tim tersebut hanya akan memainkan empat pemain lokal.

“Makanya akan lebih dominan pemain asing daripada pemain lokal yang bermain,” bebernya.

Berstatus naturalisasi membuat sang pemain memang mendapat nilai tambah buat klub untuk menyusun skuatnya tanpa harus terbentur regulasi Liga 1. Proyek ini pun kemungkinan besar akan terus berlanjut, melihat antrean berkas para pemain asing untuk dinaturalisasi masih ada di meja Kemenpora.

Sebaran Pemain Naturalisasi

(Berdasarkan Klasemen)

1. Bali United

Ilija Spasojevic (Montenegero)

Stefano Lilipaly (Belanda)

2. Tira-Persikabo

Osas Saha (Nigeria)

Zoubairou Garba (Kamerun)

3. Madura United

Alberto Goncalves (Brasil)

Greg Nwokolo (Nigeria)

5. Persebaya

Otavio Dutra (Brasil)

6. Borneo FC

Diego Michels (Belanda)

8. PSM

Guy Junior (Kamerun)

Raphael Maitimo (Belanda/Baru)

Ezra Walian (Belanda/Baru)

10. Persib

Kim Kurniawan (Jerman)

Esteban Vizcarra (Argentina)

11. Bhayangkara FC

Herman Dzumafo (Kamerun)

12. Kalteng Putra

Ok John (Nigeria)

(*)

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 9 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami