PTT-GTT Mendapatkan Honor Hanya 200 Ribu Rupiah

Ilustrasi/ist
Ilustrasi/ist
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAMUJU – Sebanyak 3600 pegawai tidak tetap dan guru tidak tetap (PTT-GTT) di Sulbar harus gigit jari. Mereka dipastikan akan menerima honor tidak manusiawi.

Sebab, anggaran yang ada hanya Rp8,6 miliar setelah mendapat tambahan Rp2 miliar di APBD perubahan. Padahal untuk membayarkan honor mereka selama 12 bulan belum dibayarkan butuh Rp18 miliar.

Hal itu pun disesalkan Ketua Forum GTT-PTT Sulawesi Barat, Asraruddin. Menurutnya, dengan tambahan Rp2 miliar tentu sangat jauh dari kebutuhan.

“Artinya honorer hanya akan terima Rp200 ribu lebih per orang. Kami sudah tidak digaji selama 12 bulan. Anggaran itu sangat tidak manusiawi,” katanya, saat dihubungi melalui ponselnya, kemarin.

Ia pun memastikan membawa masalah ini ke ranah hukum. Apalagi, masih ada utang Pemprov Sulbar lima bulan gaji tidak dibayar.

“Padahal seyogyanya utang di tahun 2018 juga harus diselesaikan. Jangan sampai menjadi boomerang lagi. Kami juga sudah melaporkan kasus in ke BPK Sulbar,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulbar, Arifuddin Toppo mengatakan, alokasi anggaran Rp2 miliar seharusnya disyukuri di tengah defisit anggaran. Meski, itu sangat kurang dari permintaan Rp12 miliar.

Meski demikian, ia berjanji segera menyalurkan anggaran yang ada untuk membayar hak ribuan honorer itu. Sisa menunggu Pergub ditandatangani gubernur.

“Kami segera proses pergubnya. Drafnya kami sudah siapkan tinggal didorong ke biro hukum untuk konsultasi ke Kemendagri,” katanya.

Pergub itu, sebagai acuan untuk membuatkan honorer ini SK, kontrak kerja dan nominal pembayaran sesuai anggaran yang tersedia. Tetapi, yang akan dibayarkan hanya tunggakan tahun ini selama tujuh bulan. “Itu sesuai pagu perubahan,” jelasnya.

Ia pun berjanji honor lima bulan 2018 yang belum dibayarkan akan menjadi utang dan kembali dianggarkan di APBD 2020. Pihaknya juga masih akan mendata honorer. Sebab, banyak yang tidak aktif. (fin)

 

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 16 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami