Ratusan Kijang Kencana di Bypass BIL-Mandalika Raib, Ini Pelakunya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Madani Mukarom. Foto: ANTARA/Nur Imansyah
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Madani Mukarom. Foto: ANTARA/Nur Imansyah
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id, MATARAM – Di tengah kesibukan mempersiapkan event MotoGP, pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) juga disibukkan dengan lenyapnya pohon-pohon di jalan Bypass BIL-Mandalika. Ratusan pohon yang hilang di sepanjang jalan Bypass BIL-Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, tersebut lenyap dengan dugaan dicuri orang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Madani Mukarom mengakui, bahwa pohon-pohon yang ditanam untuk mempercantik dan menghijaukan jalan sepanjang Bypass BIL-Mandalika itu sudah sering hilang sebelumnya.

“Pohon-pohon ini dicabut orang. Totalnya ada ratusan yang hilang,” ujarnya di Mataram, Kamis (6/1).  Kejadian hilangnya pohon-pohon ini ungkap Madani Mukarom, sudah sering kali terjadi.  “Begitu kita tanam dan tidak sampai seminggu sudah hilang. Tanam lagi hilang,” terangnya.

Menurut dia, pohon-pohon yang hilang tersebut berjenis Kijang Kencana.

“Memang Kijang Kencana ini mahal di pasaran. Kalau dia bibit trembesi mungkin enggak akan dicuri orang. Tapi karena dia (Kijang Kencana, red) mahal makanya dicuri. Sudah resikonya tanam,” ungkap Madani.

Ia mengatakan, kejadian-kejadian hilangnya pohon di sepanjang 17 kilometer jalan Bypass BIL-Mandalika sudah sering disampaikan kepada pemerintah desa, terutama yang berdekatan dengan jalan Bypass BIL-Mandalika.

Aparat desa dan masyarakat juga sudah diminta untuk turut menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut.  “Semua desa dan polisi juga kita libatkan dalam pengawasan tapi memang ada saja yang hilang. Tapi bagaimanapun kita butuh kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga,” ucap Madani Mukarom.

Lebih lanjut Madani Mukarom, menyampaikan, untuk kembali menghijaukan jalan Bypass BIL-Mandalika diperlukan 1.200 bibit pohon.  Tak hanya jalan Bypass BIL-Mandalika seluruh wilayah termasuk di areal Sirkuit Mandalika juga ditanami pohon. (Antara/JPNN/jm)

  • Dipublish : 7 Januari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami