Rumah Kelahiran BJ Habibie Dijadikan Museum

Rumah masa kecil Almarhum BJ Habibie di Kota Parepare
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Rumah kelahiran Almarhum Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie di Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dijadikan Museum BJ Habibie oleh pemerintah setempat. Terlebih semasa hidup BJ Habibie sudah mengizinkannya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe dalam keterangannya, Kamis (12/9), mengatakan rencana menjadikan rumah kelahiran BJ Habibie sebagai museum merupakan jawaban dari tantangan ‘Bapak Teknologi’ tersebut.

“Ini adalah tempat yang kita akan jadikan museum satu satunya di dunia karena saya pernah menyampaikan kepada beliau (BJ Habibie) dan dia menantang saya dengan mengatakan ‘saya tantang kamu Taufan untuk membuat museum di rumah kelahiran saya’,” ujar Taufan mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie saat berkunjung ke Kota Parepare tahun 2017.

Dijelaskan Taufan, pembangunan Museum BJ Habibie yang lokasinya tak jauh dari “Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun’ di Kota Parepare itu, sudah mendapatkan dukungan positif dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Sebelumnya rumah tempat kelahiran BJ Habibie ini telah menjadi aset Kementerian BUMN, yang dimanfaatkan PT BNI’46. Namun setelah ada pembicaraan BJ Habibie bersama Wali Kota Parepare Taufan Pawe dengan pihak PT BNI, rumah telah dialihkan sebagai aset daerah.

“Jadi saya bersama Bapak Habibie dan pihak BNI sudah bertemu, dan Alhamdulillah rumah beliau itu telah menjadi aset daerah sekarang. Sehingga Insya Allah tahun 2020 kita mulai membangun museum tersebut,” ujar Tuafan.

Selain museum tersebut, kata Taufan Pemerintah Kota Parepare juga berencana akan membangun Taman BJ Habibie yang bertujuan untuk menjadikan Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto itu sebagai edukasi dan inspirasi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Parepare AA Hamka mengatakan sudah mempersiapkan rencana pembangunan museum BJ Habibie yang berlokasi Jalan Bau Massepe, tersebut.

“Sudah dipersiapkan oleh Pemkot Parepare untuk mengabadikan dan mengenang tokoh kharismatik yang telah mengharumkan nama bangsa hingga keluar negeri itu,” katanya.

Ia mengatakan, di rumah bekas kediaman Habibie tersebut masih tersimpan tempat tidur berbahan besi lengkap dengan kelambunya. Selain itu ada dua lemari antik milik keluarga Habibie. (fin)

 

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 13 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami