Sanksi WADA Dicabut, Menpora Nyatakan Tugas Satgas Tetap Berjalan

Menpora Zainudin Alami (Dok. JawaPos.com)
Menpora Zainudin Alami (Dok. JawaPos.com)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan tugas dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA belum berakhir. Sebab, tim yang dipimpin Raja Sapta Oktohari itu masih harus menginvestigasi masalah tersebut.

“Tim Satgas tersebut masih melakukan investigasi. Hari-hari kedepan, mereka masih bertugas untuk itu. Sanksi dari WADA sudah dicabut, tapi tim masih bekerja dengan tugas berikutnya hingga tuntas,” kata dia dalam keterangannya, Senin (7/2).

Menpora Amali mengatakan bahwa proses investigasi ini dilakukan untuk mengetahui detil permasalahan sanksi agar bisa diselesaikan dengan cepat. Diharapkan permasalahan tersebut tidak terulang kembali.

“Ada tiga arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo terkait ini, pertama perbaiki komunikasi dengan WADA, kedua penuhi segala yang diminta WADA, dan investigasi kenapa hal ini bisa terjadi. Saya yakin tugas investigasi tersebut bisa selesai dengan segera,” terang dia.

Atas kejadian ini, Amali mengingatkan semua pihak untuk lebih memperhatikan lagi dari segala aspek. Sebab, untuk mencapai prestasi olahraga harus mengedepankan sportivitas.

“Apa yang dialami saat sanksi yang diberi WADA ini membuat kita tersadar. Disamping mengejar prestasi, kita juga harus memperhatikan sportivitas,” jelas dia.

Untuk diketahui, pada tanggal 2 Februari 2022 WADA secara resmi mengeluarkan keputusan pencabutan sanksi terhadap Indonesia atau LADI yang sebelumnya dijatuhkan pada 7 Oktober 2021 karena dianggap tidak patuh terhadap Test Dopping Plan (TDP) tahun 2020. Sanksi WADA tersebut harusnya berlaku satu tahun, namun sanksi tersebut dicabut lebih cepat atau dalam waktu 3 bulan lebih.

“WADA sudah memutuskan bahwa LADI sudah dikeluarkan dari daftar yang terkena sanksi. Secara resmi pemerintah mengumumkan bahwa kita sudah dicabut sanksi oleh WADA,” kata dia. (jpc/jm)

  • Dipublish : 7 Februari 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami