Sebelum Divaksin, Lansia Wajib Cek Kesehatan

FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network
FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA – Kelompok lanjut usia (Lansia) diminta memeriksakan kesehatan terlebih dulu sebelum menerima vaksinasi COVID-19. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan lansia yang akan menerima vaksinasi tidak memiliki penyakit penyerta alias Komorbid.

“Apabila tidak yakin dapat memeriksa ke dokter sebelum memutuskan menerima vaksin. Karena yang termasuk kategori penyakit tidak boleh menerima vaksinasi.,” ujar Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (23/2).

Dia mengingatkan terdapat beberapa kelompok lansia yang tidak dapat menerima vaksin. Utamanya yang memiliki paling sedikit lima dari 11 penyakit yang tidak dapat menerima vaksinasi.

Ke-11 penyakit yang tidak dapat menerima vaksinasi COVID-19 tersebut adalah hipertensi, diabetes, kanker, paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal. “Kami harap keluarga perhatikan riwayat penyakit lansia calon penerima vaksin. Karena ini sangat penting demi kesehatan,” pungkas Wiku. (rh/fin)

  • Dipublish : 24 Februari 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami