Sebentar Lagi Masyarakat Miskin di Sulsel Bisa Akses Bantuan Hukum Gratis

Talk show Makbicara (Makassar Bicara) Fajar tv terkait Sosialisasi Ranperda Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Miskin di Kantor DPRD Sulsel, Kamis (13/8/21). (Foto: Ardi-Fajartv)
Talk show Makbicara (Makassar Bicara) Fajar tv terkait Sosialisasi Ranperda Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Miskin di Kantor DPRD Sulsel, Kamis (13/8/21). (Foto: Ardi-Fajartv)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Pemerintah Provinsi sulawesi selatan bersama anggota DPRD sulsel saat ini terus menggodok rancangan peraturan daerah tentang bantuan hukum gratis bagi warga miskin. Kehadiran ranperda ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sulawesi selatan khususnya bagi kalangan ekonomi lemah untuk mendapat bantuan hukum. Pasalnya, selama ini banyak masyarakat miskin ketika berhadapan hukum kerap kali tak mendapat keadilan karena ketidakmampuan mereka menyewa pengacara untuk mendampinginya. sehingga ranperda ini diharapkan mampu menjawab persoalan tersebut.

Ketua pansus ranperda bantuan hukum gratis bagi warga miskin Azhar Arsyad dalam talk show program Makbicara Fajartv kamis (12/8/21) mengatakan, ranperda ini lahir dari kegelisahan anggota DPRD sulsel ketika banyak masyarakat miskin yang bermasalah hukum datang mengadukan persoalannya ke kantor DPRD sulsel. Maka lahirlah inisiatif dewan untuk mengagas ranperda ini agar masyarakat miskin bisa mendapat akses bantuan hukum gratis sehingga hak-hak keadilan mereka bisa terpenuhi.

“Alhamdulillah masyarakat sulsel termasuk pemerintah daerah sangat antusisas dengan pembahasan ranperda bantuan hukum ini. tentu saja ranperda ini bisa jadi rujukan bagi kabupaten kota lain yang belum menerapkan perda ini” jelas Azhar Arsyad.

Sementara itu, wakil ketua pansus ranperda bantuan hukum bagi masyarakat miskin Marjono mengatakan, saat ini pembahasan ranperda ini sudah memasuki tahap finalisasi yakni tahap mengodok isi pasal per pasal.

“Kami sudah beberapa kali rapat dengar pendapat, kunjungan kerja, konsultasi publik terkait ranperda ini, maka saya kira tidak lama lagi ranperda ini kita akan setujui bersama” Ungkap Marjono.

Tim Ahli DPRD Prov. Sulsel Tadjuddin Rahman mengatakan, ranperda bantuan hukum gratis ini akan memberikan akses keadilan bagi masyarakat. karena faktanya masih banyak warga yang tidak terjangkau akses bantuan hukum. Maka ketika sudah disahkan, masyarakat bisa merasakan pemenuhan rasa keadilan.

“masyarakat miskin nantinya tidak perlu lagi pusing cari uang untuk meminta bantuan pengacara karena negara sudah hadir untuk membantu mereka” jelas Tajuddin. (jm)

VIDEO TERKAIT:

  • Dipublish : 13 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami