Semua Pasien Batuk dan Pilek di Malaysia Dianggap Terpapar Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MALAYSIA – Salah satu gejala klinis Covid-19 adalah batuk, demam, dan sesak napas. Batuk dan pilek di depan umum saja saat ini sudah dicurigai. Di Malaysia, kini semua pasien flu ditangani sesuai standar penanganan pasien Covid-19.

Berdasar itu, petugas kesehatan di klinik dan rumah sakit Malaysia harus mengobati semua kasus penyakit pernapasan akut dan penyakit mirip influenza bahkan pilek. Semuanya ditangani seolah-olah mereka berurusan dengan pasien Covid-19.

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Datuk Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan para petugas medis garis depan (frontliner) untuk mengenakan peralatan pelindung ketika menangani kasus penyakit pernapasan akut dan penyakit mirip influenza.

“Sekitar 45 dokter telah tertular Covid-19,” katanya seperti dilansir dari AsiaOne, Kamis (23/4).

“Jadi, penting bagi semua dokter kami yang merawat pasien tersebut untuk memperlakukan mereka sebagai Covid-19 positif, sampai terbukti sebaliknya,” tegasnya. “Ini berlaku untuk siapa saja yang datang ke klinik, bahkan untuk batuk, pilek, atau hanya pilek,” jelas Noor Hisham Abdullah.

Menurutnya, para dokter dan petugas kesehatan harus melindungi diri mereka sendiri seolah merawat pasien Covid-19, alih-alih menunggu hasil pasien nanti. Surat edaran pun sudah disebar kepada petugas medis.

“Dan kami berharap semua garis depan akan mengambil tindakan pencegahan ketika merawat pasien,” kata Noor Hisham.

Sebab banyak petugas kesehatan terinfeksi oleh pasien yang ternyata positif terkena virus Korona. Salah satunya di kluster Kuantan, beberapa petugas kesehatan ditemukan positif untuk Covid-19 setelah merawat seorang pasien demam berdarah, yang kemudian ternyata telah terinfeksi oleh virus Korona. (jp)

  • Dipublish : 24 April 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami