Semua Pasien Virus Korona Sembuh, Situasi di Vietnam Berangsur Normal

Suasana Kota Hanoi yang kembali berangsur normal usai semua pasien virus Korona di Vietnam dinyatakan sembuh (Manan Vatsyayana/AFP)
Suasana Kota Hanoi yang kembali berangsur normal usai semua pasien virus Korona di Vietnam dinyatakan sembuh (Manan Vatsyayana/AFP)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Vietnam telah mengumumkan bahwa warganya yang positif terinfeksi virus Korona jenis baru telah berhasil sembuh. Total ada 16 pasien. Hanya saja, Vietnam tetap waspada dan mengantisipasi adanya kasus baru yang muncul. Salah satunya dengan melakukan screening yang ketat terhadap WNA yang akan masuk. Warga negara Tiongkok dan yang tiba dari Korea Selatan, Jepang, Italia, Iran, dan negara lain yang terdampak virus Korona akan dilakukan pemeriksaan dan penyaringan ketat.

Publik dunia tentu penasaran bagaimana Vietnam bisa menyembuhkan seluruh pasien. Dilansir dari Vietnam-Briefing, Selasa (3/3), saat ini tidak ada vaksin untuk menyembuhkan pasien. Jadi pasien yang dirawat harus benar-benar dijaga semuanya baik makanan, minuman, dan tentunya diisolasi.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan Vietnam menyatakan bahwa tingkat fatalitas virus lebih rendah yakni 2 persen dibandingkan dengan SARS yang mencapai 9,6 persen. Vietnam juga merekomendasikan semua lini bisnis untuk melapor jika mengalami gejala batuk atau seperti flu. Para pegawai tidak boleh kembali ke kantor atau pabrik.

Vietnam meminta warga negaranya mematuhi tindakan pencegahan dasar untuk mengurangi risiko penularan Coronavirus yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Cuci tangan dengan sabun dan air atau antiseptik berbasis alkohol. Tutupi hidung dan mulut dengan tisu atau bagian dalam siku ketika batuk atau bersin. Hindari kontak dekat dengan orang lain dengan gejala flu atau seperti flu.

Pembatasan Ketat dengan Korsel

Teranyar, mulai 1 Maret 2020, semua penerbangan dari Korea Selatan tidak akan diizinkan mendarat di Bandara Hanoi dan Ho Chi Minh City. Pesawat akan diarahkan ke Bandara Van Don (provinsi Quang Ninh) dan Can Tho untuk pemrosesan dan karantina penumpang. Selain itu, wisatawan dari Iran dan Italia juga akan dikenakan karantina 14 hari ketika tiba di Vietnam.

Vietnam pada 29 Februari menghentikan program bebas visa bagi warga negara Korea Selatan. Selain itu, semua wisatawan yang datang dari Korea Selatan akan dikenakan isolasi 14 hari dan sifatnya wajib.

Di Hanoi, sekolah akan tetap ditutup hingga 8 Maret mendatang untuk memastikan semua telah normal. Di Ho Chi Minh, para siswa kelas 12 akan kembali belajar di sekolah mulai 9 Maret. Sedangkan siswa lainnya baru akan aktif kembali ke sekolah pada 16 Maret.

Hingga kini, belum ada kasus baru selain dari 16 kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi sembuh. Ke-16 pasien telah pulih dan pulang dari rumah sakit.

Aktivitas Mulai Normal

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, telah memerintahkan otoritas pajak untuk menjadwal ulang pembayaran pajak untuk mendukung sektor bisnis yang terkena dampak COVID-19. Vietnam dan Tiongkok telah sepakat untuk membuka kembali penyeberangan perbatasan lebih lanjut untuk mempermudah pembatasan dan menormalkan perdagangan.

Beberapa penyeberangan perbatasan di Quang Ninh, Lai Chau, Lao Cai, Lang Son, dan Ha Giang telah dibuka kembali. Provinsi Khanh Hoa, destinasi wisata Nha Trang telah dinyatakan bebas COVID-19 pada 26 Februari. Sementara, provinsi lain tak ada laporan kasus COVID-19 sejak 4 Februari. (jp)

  • Dipublish : 3 Maret 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami