Setop Buang Obat Sembarangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

MAKASSAR – Bagi sebagian orang, membuang obat bisa langsung di tempat sampah. Padahal, ini bisa mencemari lingkungan.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulsel Prof Dr Gemini Alam MSi Apt menuturkan, masyarakat perlu mengetahui membuang obat kedaluwarsa secara benar. Jika ingin membuang obat tablet sebaiknya membuang pembungkus ke dalam tempat sampah, sementara obat haruslah dikubur ke dalam tanah agar tak mencemari lingkungan. Namun paling baik jika membawa obat-obatan kadaluarsa yang ada di rumah ke apotek-apotek untuk dimusnahkan.

Kini, di Sulsel sudah ada 50 apotek yang ditunjuk untuk menampung obat kadaluarsa. Salah satunya cabang apotek kimia farma. Program ini digalakkan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bekerjasama dengan IAI serentak di Seluruh Indonesia. Di Sulsel sosialisasi dilakukan di Car Free Day Boulevard, Minggu 1 September.

Di Indonesia sudah ada 1000 apotek yang ditetapkan sebagai tempat pembuangan sampah obat untuk memudahkan masyarakat. Tak perlu membiarkan obat-obatan tinggal begitu saja karena bisa jadi membahayakan. “Selama sebulan ini kita ajak masyarakat ayo ke apotek yang sudah ditentukan, akan ada drop box di mana mereka mengumpulkan obatnya lalu nanti akan dibawa ke BPOM untuk langsung dimusnahkan,” terangnya.

Hal ini perlu diperhatikan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, dikhawatirkan ketika membuang obat kedaluwarsa secara sembarangan akan dikonsumsi hewan ternak masyarakat. “Jika dikonsumsi hewan tentu akan memengaruhi kesehatan kita jika kita mengonsumsi hewan tersebut,” ungkap Dekan Fakultas Farmasi Unhas ini.

Selain menggalakkan aksi buang sampah obat, juga dilakukan sosialisasi mengenai kewaspadaan obat ilegal. Saat ini banyak masyarakat yang asal membeli obat, padahal penting melihat lokasi pembelian obat yakni di apotek resmi serta obat telah ada nomor registrasi dari BPOM, agar obat justru tak berefek buruk di tubuh. (ind/dni)

 

 

Sumber: fin.co.id

  • Dipublish : 2 September 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami