Shin Tae Yong Menerima Pinagan PSSI Menjadi Pelatih Skuat Garuda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia tidak lama lagi akan kehadiran pelatih baru. Ya, dikabarkan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong telah menerima pinangan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menangani skuat Garuda.

Seperti dilaporakan Daum melansir dari Yonhap, Shin bakal melakukan penandatanganan kontrak dengan PSSI pada, Kamis, 26 Desember 2019, hari ini setelah keduanya hampir menemui kata sepakat.

“Saya belum ada tanda tangan kontrak. Saya baru akan pergi ke Indonesia pada 26 Desember 2019, untuk menandatanganin kontrak,” ujar Shin seperti dikutip dari Daum.

Kabar Shin untuk menangani Timnas Indonesia membuat salah sau klib Liga Tiongkok, Shenzhen FC gigit jari. Sebab, meraka juga tengah mengincar pelatih yang menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

“Ya, Shenzen FC meminta saya untuk bekerja, padahal mereka masih memiliki pelatih. Akhirnya saya menerima tawaran untuk melatih Timnas Indonesia,” tegas Shin.

Shin sendiri menegaskan, bahwa negosiasi dirinya dengan PSSI sudah mencapai tahap akhir. “Kami (shin dan PSSI, red) sudah berada dalam tahap akhir pembicaraan. Indonesia memang panas, namun saatnya saya bekerjas,” ujar Shin.

Terkait hal ini, PSSI sendiri belum mengumumkan. Meski kabar Shin akan menukangi Timnas Indonesia sudah beredar, namun PSSI masih bungkam. Seperti yang dikatakan Media Officer PSSI, Bandung Saputra yang mengaku bahwa pengumuman itu akan dirilis secara resmi.

“PSSI nanti akan mengumumkan secara resmi. Tunggu saja. Di situs resmi PSSI juga belum kita rilis kan,” tegas Bandung kepaa Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (25/12) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Shin memasng sudah masuk sebagai kandidat pelatih Timans Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy. Selain Shin, PSSI juga sebelumnya juga telah mendengarkan pemaparan program Luis Milla yang juga menjadi kandidat pelatih skuat Garuda pada November 2019, lalu. Namun, hingga akhirnya dikabarkan bahwa induk sepak bola Tanah Air itu telah mencapai kata sepakat dengan Shin.

Mengutip dari data Tranfermarket, Shin merupakan pelatih kelahiran Yeongdeok, Korea Selatan, kelahiran 1970. Shin merupakan pemain sepak bola profesional yang mengakhiri karirnya sebagai pemain di salah satu klub Australia, Queensland Roar yang kini berganti nama sebagai Brisbane Roar.

Usai gantung sepati, Shin sempat menjadi asisten pelatih di klub tempat dirinya mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola profesional yakni, Queensland Roar mulai 2005 hingga 2008. Namun, ia memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan dan menjadi manajer Seoungnam Ilhwa di tahun 2010.

Karirnya sebagai manajer di Seoungnam cukup mencuat, dimana ia berhasil membawa tim berjuluk The Magpies itu menjuarai Liga Champions Asia 2010. Bahkan, di tahun berikutinya ia pun mempersembahkan gelar juara Pial Korea untuk Seoungnam.

Sepak terjang yang gemilang itu, kemungkinan besar membuat dirinya dipercaya untuk menjadi pelatih Timnas Korea Selatan U-23 di tahun 2014. Di tahun yang sama ia dipilih menjadi pelatih interim timnas senior, hingga Uli Stielike menduduki kursi pelatih kepala Taeguk Warriors.

Tiga tahun berselang, Shin ditunjuk sebagai pelatih Korea Selatan menggantikan Stielike. Dia membawa tim Taeguk Warriors lolos ke Piala Dunia 2018 dan tampil di fase grup. Shin memang tak berhasil mengantarkan tim besutannya lolos dari babak grup, namun tim Negeri Ginseng itu membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman 2-0.

Hingga akhirnya, ia melepaskan jabatannya sebagai pelatih Timnas Korea Selatan usai gelaran Piala Dunia 2018. Satu tahun tak menangani tim manapun, Shin dikabarkan bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia di akhir tahun 2019 ini.

(fin)

  • Dipublish : 26 Desember 2019
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami