Siap-siap, Pemotor yang Pasang Kamera di Helm Bakal Ditilang

FOTO: Pixabay
FOTO: Pixabay
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jaringanmedia.co.id – Dinas Transportasi Departemen Kendaraan Bermotor di Kerala, India, melarang setiap pengendara sepeda motor memasang kamera video atau action cam di helm.

Penggunaan kamera di helm itu dikatakan bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Menurutnya, pengendara sepeda motor menjadi kurang konsentrasi akibat terlalu fokus mengambil gambar di jalan.

Dikutip dari Cartoq, Jumat (13/8), setiap pengendara yang kedapatan menggunakan kamera di helm tersebut akan ditindak. Pihak kepolisian Kerala akan menghentikan dan pengguna motor akan diberikan sanksi tilang berupa penyitaan surat tandan nomor kendaraan (STNK) atau surat izin mengemudi (SIM).

Dinas Transportasi menganggap menggunakan alat itu merupakan suatu modifikasi yang sudah menyalahi aturan lalu lintas di India.

Larangan penggunaan kamera helm tidak hanya diterapkan di India saja. Australia juga menerapkan hal serupa karena dianggap melarang privasi. Sementara itu, pemerintah Jerman mengizinkan pengguna menggunakan kamera tersebut.

Namun dengan catatan setiap nomor pelat kendaraan yang terekam harus dibuat blur atau tidak jelas. (jpnn/jm)

 

  • Dipublish : 13 Agustus 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami