Soal Beli Pemain, Mou Paling Royal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

LONDON – Dalam urusan industri sepakbola, belanja besar di pasar transfer kerap menjadi indikator sejauh mana reputasi mereka di mata dunia. Jika sudah berurusan dengan gelar Liga Champions, para pelatih sekaliber Pep Guardiola dan Carlo Ancelotti tak segan menekan klub-klubnya untuk jor-joran membeli pemain pilihan mereka.

Jejaring forum Sepakbola Oh My Goal melaporkan keduanya telah menghabiskan GBP 1 miliar atau sekitar Rp17 trilliun lebih hanya untuk membeli pemain. Jumlah itu adalah akumulasi karier kepelatihan mereka. Hasilnya pun jelas, Pep Guardiola memboyong dua gelar Liga Champions, tiga gelar La Liga, dan deretan piala lokal dan internasional untuk Barcelona. Selain Blaugrana, Guardiola juga membawa gelar dan trofi raihan terbaik untuk Munchen dan Manchester City.

Sosok seperti Manuel Pellegrini dan Massimiliano Allegri pun tidak terlalu jauh dari mereka. Pellegrini menjadi pelatih Real Madrid yang berani memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Santiago Bernabeu seharga GBP 80 juta. (selengkapnya lihat infografis)

Sayangnya, dari total pengeluaran Jose Mourinho untuk pemain baru membuat deretan para pelatih kaliber dunia tertinggal. Oh My Goal pun menempatkan posisi Mou-sapaan akrab Jose Mourinho ke urutan puncak pelatih dengan belanja terbanyak sedunia.

Ya, pelatih berkebangsaan Portugal itu Jose Mourinho telah menghabiskan GBP 1,3 miliar untuk membeli pemain selama karir manajerialnya. Jumlah itu hanya terpaut GBP 300 juta lebih dari Carlo Ancelotti yang berada di posisi dua versi Oh My Goal.

Pembelian terbesar Mou dicatat saat membawa kembali Paul Pogba ke Manchester United dengan mahar GBP 89,3 juta pada musim panas 2016.

Tak sampai di situ saja, Mourinho juga menuntut Setan Merah melakukan investasi pemain baru. Salah satunya membeli Romelu Lukaku dari Everton ke Manchester United seharga GBP 75 juta dan Fred seharga GBP 53 juta ke Old Trafford.

“Di Chelsea pun, Mou menjadi pelatih dengan daya beli yang agresif. The Blues akhirnya menandatangani pembelian striker Andriy Shevchenko seharga GBP 40 juta dari AC Milan. Namun, itu adalag pembelian terburuk,” tulis Dailymail melansir laporan Oh My Goal, kemarin.

Di Real Madrid, Mourinho makin jor-joran. Ia pun menandatangani pembelian Luka Modric (GBP 31,5 juta) dan Angel Di Maria (GBP 30 juta).

“Mourinho tampak tidak pantas di Tottenham, sebuah klub yang enggan menghabiskan uang di bawah manajemen Daniel Levy,” tulis Dailymail.

Pelatih Everton Carlo Ancelotti, berada di urutan kedua dalam daftar, dengan pengeluaran pembelian pemain sekitar GBP 1 miliar.

Pembelian terbesarnya adalah Gareth Bale, dengan nilai transfer GBP 85,3 juta dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid pada musim panas 2013.

Saat menggawangi Chelsea, Ancelotti juga membawa The Blues menandatangani striker Spanyol Fernando Torres dari rivalnya Liverpool dengan mahar GBP 50 juta. (fin/tgr)

  • Dipublish : 21 Januari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami