Soal Ketersediaan Obat Covid-19, Begini Penjelasan BBPOM Makassar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

JaringanMedia.co.id – Kepala BBPOM Makassar memberikan respon terkait isu kelangkaan obat terapi covid-19 di sulsel maupun kota makassar secara khusus.

Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih menjelaskan jika beberapa obat untuk covid-19 sudah terdistribusi ke RS Pemerintah maupun swasta.

“Obat seperti Favipiravir, azithromycin, olsetamivir sudah terdistribusi ke RS Pemerintah maupun Swasta, Apotik KF maupun Apotik swasta lainnya, begitu juga dgn ivermectin” ungkap hardaningsih dalam rilisnya.

“Selain itu, Beberapa obat yang berbentuk injeksi langsung didistribusikan ke RS” lanjutnya.

Sementara itu, terkait Stok vitamin C,D, E dan Zinc di penyalur sedang menunggu pengiriman namun kata hardaningsih di apotik kemungkinan masih ada.

BBPOM Makassar menghimbau kepada masyarakat yang tidak bergejala atau gejala ringan yang sedang isoman di rumah cukup meningkatkan daya tahan tubuh dengan vitamin.

Masyarakat diminta tidak panic buying terhadap obat-obat untuk penanganan covid yang harus memerlukan resep dokter atau pengawasan dokter dalam pemakaiannya, terutama yang bersifat obat keras.

Selain itu, BBPOM Makassar juga meminta masyarakat yang tidak terkena covid untuk terus menerapkan prokes ketat.

“jangan terlena, karena sudah banyak kluster keluarga. Untuk yang belum vaksin dan eligible untuk divaksin segera ikuti program vaksinasi massal atau vaksinasi di puskesmas. Semakin cepat kita mencapai vaksinasi 70% dari jumlah populasi akan segera terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) dan semoga segera terlepas dari Pandemi ini” jelas hardaningsih.

Tak lupa hardaningsih meminta semua pihak  bekerjasama dan bergotong royong dalam mengatasi permasalahan pandemi ini. (Jm)

  • Dipublish : 31 Juli 2021
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami