Soal Virus Korona, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Keluarkan 4 Sikap

Logo MUI (Dok. JawaPos.com)
Logo MUI (Dok. JawaPos.com)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JAKARTA,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan rasa keprihatinan yang sangat mendalam atas munculnya fenomena wabah Virus Korona yang menyebar di wilayah Wuhan, Tiongkok.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan MUI mengeluarkan empat sikap. Pertama meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan kepada warga negara Indonesia yang masih berada di wilayah Wuhan dan daerah terpapar Virus Korona. Agar mereka mendapat perlindungan kesehatan dan keselamatan jiwanya.

“Jika dimungkinkan dan sesuai dengan prosedur keselamatan dan standar kebijakan pemerintah setempat, maka langkah evakuasi harus segera dilaksanakan agar warga negara Indonesia dapat selamat,” ujar Zainut dalam keterangannya, Sabtu (1/2).

Kedua, MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menaati anjuran pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara yang terpapar Virus Korona. Demikian sebaliknya untuk sementara waktu menolak kunjungan warga negara asing yang ingin masuk ke Indonesia, yang wilayahnya sedang diisolasi karena terpapar Virus Korona.

“Hal ini semata untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Korona di Indonesia,” katanya.

Ketiga, MUI meminta kepada imigrasi di bandara dan pelabuhan di seluruh Indonesia untuk melakukan test kesehatan secara ketat. Hal itu untuk memastikan para penumpang pesawat baik yang datang maupun berangkat dari luar negeri terbebas dari Virus Korona.

Empat, MUI mengimbau kepada umat Islam dan seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan dengan berberilaku hidup bersih dan sehat. Misalnya mengonsumsi makanan yang halal dan baik, membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan. Kemudian istirahat yang cukup dan berolah raga untuk tetap menjaga stamina dan imunitas tubuh, agar tidak mudah terjangkit penyakit.

“Jika ada gejala sakit segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit agar segera diobati,” ungkapnya.

Diketahui, dilansir dari situs resmi World Health Organization‎ (WHO), Virus Korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Berdasarkan informasi, Virus Korona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan seperti unta dan kelelawar. Namun Virus Korona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi untuk menyerang manusia dan membuat orang sakit.

  • Dipublish : 1 Februari 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami