Sri Mulyani Sebut Pemerintah Tak akan Ingkari Perjanjian Paris

ILUSTRASI solar panel (Jawapos)
ILUSTRASI solar panel (Jawapos)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

JaringanMedia.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku, saat ini pemerintah memang memprioritaskan penanganan dampak Covid-19. Namun, itu bukan berarti pemerintah mengesampingkan masalah perubahan iklim.

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah berkomitmen membantu menyelesaikan dua permasalahan berat yang tengah dihadapi dunia tersebut. Sebab, risiko perubahan iklim juga menjadi perhatian utama masyarakat dunia, di samping pandemi Covid-19.

“Kami fokus menangani masalah risiko Covid-19 ini bukan berarti pemerintah Indonesia menempatkan risiko kedua karena sangat penting, secara global,” ujarnya secara virtual, Senin (2/11).

Sri Mulyani memaparkan, dalam penanganan Covid-19 dan dampaknya pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Terutama, kebijakan untuk membantu masyarakat miskin yang mata pencahariannya terkendala selama pandemi.

“Kami juga meningkatkan dukungan kami untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) termasuk juga komunitas bisnis umum, karena mereka semua tanpa pandang bulu telah terpengaruh parah oleh Covid-19,” tuturnya.

Mengenai perubahan iklim, pemerintah berkomitmen untuk mendukung berbagai program yang bersifat ramah lingkungan, termasuk pengembangan energi terbarukan. Hal itu tercermin dari isu perubahan iklim yang telah menjadi arus utama dalam kebijakan pemerintah.

“Baik itu mengenai anggaran, perencanaan pembangunan, serta kemudian dijabarkan ke dalam kebijakan dan instrumen yang diadopsi,” jelasnya.

Pihaknya memastikan terus mengedepankan berbagai kebijakan yang bersifat ramah lingkungan. Serta memaksimalkan instrumen yang ada untuk penyelesaian permasalahan lingkungan.

“Komitmen kami terhadap perubahan iklim sudah dituangkan melalui perjanjian Paris,” pungkasnya. (jp)

  • Dipublish : 2 November 2020
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BERITA LAINNYA

VIDEO ADS

BANNER ADS

VIDEO NEWS

BANNER ADS

Cari Berita ?

Mau Lihat Arsip ?

Arsip Berita Kami